Sabtu, 29 Juni 2013

Petrokimia Ciptakan Jenis Beras yang Aman untuk Diabetesi

Petrokimia Ciptakan Jenis Beras yang Aman untuk Diabetesi

Ilustrasi (Antara)

Liputan6.com, PT Petrokimia Gresik melakukan inovasi dengan menciptakan jenis beras fungsional yang cocok untuk penderita diabetes (diabetesi).

"Fatrice adalah nama produk beras IG rendah yang diciptakan PT Petrokimia Gresik dan Balai Besar Pasca-Panen Bogor selaku pemegang paten teknologi pengolahan beras IG rendah," kata Manager Humas PT PGK Dupi Madya Ardiono seperti dikutip dari Antara, Sabtu (29/6/2013).

Beras tersebut diharapkan membantu penderita diabetes melaksanakan dietnya dengan harga lebih terjangkau dibanding beras sejenis impor, katanya.

Beras fungsional Fatrice diproduksi dari padi pilihan dengan proses pratanak tanpa penambahan bahan kimia dan pengawet untuk menghasilkan beras dengan indeks glikemik rendah yang tetap alami.

Selain itu, Fatrice memiliki pengaruh baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, B6, beberapa mineral (fosfor, zat besi, magnesium), dan serat pangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras biasa.

"Fatrice mampu mengendalikan gula darah tubuh bila dikonsumsi secara rutin karena tidak akan menaikkan gula darah tubuh secara drastis dan tinggi, cocok untuk diet bagi penderita Diabetes Melitus," kata Dupi.

Selain beras, PT PGK juga berinovasi pada produk tembakau dengan meluncurkan NPK Kebomas Tembakau 12-11-20.

"Produk Inovasi ini memiliki komposisi unsur hara yang sesuai dengan kebutuhan tanaman tembakau, mengandung unsur hara Kalium tinggi yang dapat meningkatkan hasil panen dan indeks mutu tembakau," katanya.

Selain itu, produk mengandung unsur hara Sulfur yang berfungsi sebagai pembentuk protein bersama dengan unsur hara Nitrogen, mudah dalam aplikasi pemupukan dan tidak mengubah kebiasaan petani serta tidak mengandung unsur hara Chlor yang dapat menurunkan kualitas daun tembakau.

"Produk larut dalam air dan mudah diserap tanaman tembakau Memperbaiki aroma, warna, rasa dan kelenturan daun tembakau Membuat tanaman lebih tegak dan kokoh," katanya.

Selain itu, PT PKG juga memproduksi bibit cabai Varietas KLG 13 dan 18 yang memiliki daya adaptasi pada dataran rendah. Sesuai varietas KLG 18 dan 13 menunjukkan performa yang baik saat di tanam di musim kering.

PT PKG juga berinovasi dengan Pupuk mikro majemuk Petro Kalsipalm yang mengandung Mn, Cu, Zn, B, Co dan Mo. Seperti diketahui masing-masing unsur ini memiliki peran yang spesifik.

Source : http://health.liputan6.com/read/625385/petrokimia-ciptakan-jenis-beras-yang-aman-untuk-diabetesi