Kamis, 27 Juni 2013

Pertolongan Pertama Saat Penyandang Epilepsi Kejang

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Qalbinur Nawawi - Okezone
Kamis, 27 Juni 2013 15:35 wib

detail berita

Alami kejang (Foto: Google)

PERTOLONGAN awal saat penyandang epilepsi kejang-kejang, penting ketahui semua orang. Pasalnya, pengetahuan yang cukup mengenai pertolongan awal bisa menghindari penyandang epilepsi dari situasi yang lebih fatal.

Para orangtua, anggota keluarga, serta lingkungannya harus mengetahui memberi penanganan pertolongan awal ini guna kejang-kejang tak memperburuk kondisi kesehatannya. Contoh yang sangat amat penting ialah bila penyandang epilepsi mengalami bangkitan kejang-kejang lebih dari lima menit. Dengan kondisi tersebut, sangat dianjutkan untuk segera memanggil ambulan untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Pasalnya, bangkitan kejang seorang penyandang epilepsi berkisaran satu sampai tiga menit dan bila setelah itu kesadarannya tak beralih kembali, hal itu sangat membahayakan dirinya.

Di luar itu, masih banyak hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pertolongan awal agar penyandang epilepsi tak terluka dan melukai dirinya sendiri.

Dr. Gea Pandhita S, M.kes, Sp.S, ahli spesialis syaraf dari RS. Islam Jakarta Pondok Kopi memberikan cara memberikan pertolongan awal bila ada penyandang epilepsi bangkitan kejangnya kambuh. Berikut tipnya.

-Pindahkanlah barang-barang berbahaya yang berada di dekat penderita. Hal in
bertujuan, selama penyandang epilepsi tak sadarkan diri ia tak melukai dirinya sendiri.

-Jangan menahan hentakan gerakan penyandang epilepsi bila bangkitan kejang sedang muncul. Tujuannya ialah agar otot seluruh tubuh tak mengalami cedera atau rasa nyeri saat penyandang epilepsi sadar nanti. Anda cukup memindahkan penderita ke tempat yang lebih aman.

-Jangan memasukan makanan dan minuman apa pun ke dalam mulut penyandang epilepsi bila bangkitan kejangnya sedang kambuh, termasuk obat-obatan. Jangan pula mencoba menyadarkan penderita secara paksa.

-Bantulah untuk memiringkan kepala penyandang epilepsi bila bangkitan kejangnya muncul. Sebab hal itu akan membantu pernapasannya dibanding terlentang dimana lidah  bisa menutupi sirkulasi masuknya oksigen. Ini tentu akan membahayakan dirinya.

- Tetap tenang dan tetap di samping penderita sampai kesadarannya kembali. Umumnya proses kejang-kejang itu tak akan lebih dari lima menit. Jadi apabila kejang-kejang penyandang epilepsi tak juga mereda selama lima menit, dianjurkan untuk memanggil ambulan untuk mendapatkan penanganan yang lebih intens dan efektif. Selain itu, bila kambuhan kejang itu muncul tanpa penyandang epilepsi sempat sadar, segera untuk memanggil ambulan. Pasalnya, kondisi yang menimpa penyandang epilepsi sudah sangat berbahaya. (ind)

  • Pertolongan Pertama Saat Penyandang Epilepsi Kejang
  • Epilepsi Bukan Penyakit Kutukan

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/27/482/828522/pertolongan-pertama-saat-penyandang-epilepsi-kejang