Sabtu, 29 Juni 2013

Peralatan Makan Pengaruhi Cita Rasa Makanan

TEMPO.CO, London - Ukuran, berat, bentuk dan warna ternyata mempunyai efek pada rasa makanan. Setidaknya demikian hasil penelitian yang diungkapkan oleh tim University of Oxford.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Flavour, keju akan terasa lebih asin ketika dimakan dengan menggunakan pisau ketimbang menggunakan garpu. Sementara sendok berwarna putih membuat rasa yoghurt lebih enak. Dikatakan hasil penelitian yang dikutip situs BBC edisi 26 Juni 2013 ini, bahwa otak menilai rasa makanan sebelum makanan itu sampai di mulut.

Lebih dari 100 siswa terlibat dalam penelitian yang dibagi menjadi tiga bagian untuk melihat dampak dari berat, warna dan ukuran peralatan makan terhadap rasa makanan. Sebagai contoh, rasa makanan lebih manis pada sendok yang lebih kecil ukurannya, tradisi yang dilakukan untuk mengkonsumsi makanan penutup.

Selain itu warna kontras juga memberikan pengaruh penting. Yoghurt putih dimakan dengan sendok warna putih ternyata terasa lebih manis dibandingkan dengan yang dimakan menggunakan sendok warna hitam. Hal yang sama terjadi saat partisipan ditawari keju dengan pisau, sendok, garpu atau tusuk gigi. Mereka menemukan bahwa keju yang dimakan dengan pisau terasa lebih asin.

"Cara kita menikmati makanan adalah pengalaman yang multisensory, merasakan makanan dalam mulut kita, aromanya dan menikmatinya dengan mata kita," ujar Profe Charles Spence dan Dr Vanessa Harrar. "Bahkan sebelum kita memasukkan makanan ke dalam mulut kita, otak telah membuat penilaian mengenai makanan tersebut, yang kemudian mempengaruhi pengalaman kita secara keseluruhan."

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peralatan makan bisa mengubah persepsi kita mengenai makanan dan obat. Sebagai contoh orang biasanya mengkonsumsi lebih sedikit makanan yang disajikan dalam piring yang lebih kecil.

Penelitian terbaru ini meneliti cara otak mempengaruhi persepsi makanan yang bisa membantu para pelaku diet atau meningkatkan pengalaman gastronomik di restoran, kata Prof Spence. "Banyak yang mempengaruhi cara makan yang kita pikir tidak berpengaruh apapun. Kita akan melihat lebih jauh tentang desain ilmu saraf saat waktu makan," ujarnya.

BBC | ARBA'IYAH SATRIANI

Topik terhangat:
Ribut Kabut Asap | PKS Didepak? | Persija vs Persib | Penyaluran BLSM

Berita lainnya:
Dialog di TV, Sosiolog UI Disiram Air Munarman 
Guru Ini Sebar Foto Bugil di Facebook
5 Tokoh Ini Dinilai Gunakan BLSM untuk Pencitraan
XL dan Axis Merger, Indosat Harus Waspada
Mengapa Popularitas Boediono Rendah

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/29/060492053/Peralatan-Makan-Pengaruhi-Cita-Rasa-Makanan