Jumat, 21 Juni 2013

Penderita Mag Boleh Minum Yoghurt, Asal....

Penderita Mag Boleh Minum Yoghurt, Asal....

(telegraph.co.uk)

Liputan6.com, Rasa asam pada yoghurt dikhawatirkan penderita mag bakal enggan mengonsumsinya karena bisa menyebabkan nyeri di lambung usai meminumnya. Sebenarnya orang mag boleh minum yoghurt nggak?

Ahli Nutrisi (Accredited Practicing Dietitian) dari University, Victoria Djajadi, APD, dari University of Sydney, menjelaskan, yang perlu diingat bagi penderita mag adalah jangan meminum yoghurt ketika mag sedang kumat.

"Penderita mag harus sering makan untuk meminimalisir. Konsumsi yoghurt jangan saat mag. Kalau perlu kita pilih yang low fat. Kandungan low fat bisa menetralisir asam lambung," kata Victoria di Media Gathering "Sehatnya Susu, Segarnya Yogurt Ada dalam Cimory Yogurt Drink, di Cisarua Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/6/2013).

Victoria menjelaskan, asam yang ada di dalam yoghurt itu akibat bakteri hidup (probiotik) yakni lactobacillus Bulgaricus dan Streptococus Thermopilus yang membantu sistem pencernaan tubuh. Selain itu dalam yoghurt juga terkandung nutrisi yang bagus untuk tubuh seperti Vitamin A, B1, B2, B12, D, E, mineral, dan protein.

Menurutnya, semua orang boleh minum yoghurt, termasuk orang dengan mag dan diabetes.

Yoghurt seperti Cimory yang terbuat dari susu segar memiliki Glikemik Index (GI) yang rendah. GI ini untuk mengukur seberapa cepat gula atau karbohidrat dilepas ke dalam darah kita.

"Orang diabetes kan harus jaga gula darah di rentang normal. Jadi yoghurt cocok buat yang diabetes walau ada karbohidratnya".

Tak hanya itu, Victoria juga mengatakan anak-anak di atas 1 tahun juga sudah boleh dikenalkan dengan yoghurt.

"Usia 1 tahun sudah boleh diperkenalkan makanan seperti orang dewasa agar bervariasi".

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/618218/penderita-mag-boleh-minum-yoghurt-asal