Rabu, 19 Juni 2013

Paparan Sinar Matahari, Cara Alami Cegah Diabetes

INILAH.COM,Jakarta - Diabetes merupakan salah satu risiko kesehatan terbesar yang dihadapi dunia saat ini, dengan proyeksi kasus mencapai 550 juta penderita pada tahun 2030.

Diabetes terjadi akibat rusaknya sel-sel yang yang memproduksi insulin di pankreas, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula darah. Gejalanya diperlihatkan dengan kadar gula darah tinggi dan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin.

Tak hanya berhubungan dengan faktor genetik dan makanan mengandung gula, sejumlah faktor lain juga dapat memicu timbulnya penyakit kelainan kadar gula darah, seperti stres, obesitas, dan gaya hidup tak sehat.

Tim peneliti Universitas Chicago mencoba mencarikan solusi melawan risiko penyakit ini. Lewat studi yang dilakukannya melalui paparan sinar matahari.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Loyola University Chicago, seseorang yang mendapatkan cukup vitamin D melalui sinar matahari pagi membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Kondisi tersebut memainkan peran utama dalam menangkis terjadinya diabetes.

Selain paparan sinar matahari, Asupan kedelai cukup ampuh menangkis penyakit diabetes. Pasalnya, kandungan isoflavon yang terkandung di dalamnya ampuh membantu untuk mengurangi kandungan gula dalam darah.

Selain itu, asupan protein yang ada pada kedelai dapat memberikan Anda energi dibandingkan makanan lainnya. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2001596/paparan-sinar-matahari-cara-alami-cegah-diabetes