Selasa, 04 Juni 2013

Pada Jam-jam Ini, Pekerja Kantoran Paling Banyak Kehilangan Konsentrasi

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Lelah dan kekenyangan adalah kombinasi paling sempurna menumbuhkan rasa kantuk di kantor. Sebuah survei menegaskan anggapan itu dengan menempatkan pukul 14.55 sebagai waktu paling rentan bagi karyawan untuk hilang konsentrasi.

Survei yang dilakukan terhadap 420 pekerja kantoran di Inggris itu menempatkan pukul 14.55 sebagai waktu paling tidak produktif saat bekerja. Pada waktu tersebut, para karyawan memang berada di depan komputer tetapi tidak benar-benar sedang bekerja.

Sebagian sibuk membuka-buka jejaring sosial, sebagian lain asyik berselancar mencari informasi lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Bila berada di dekat rekan kerja yang asyik untuk diajak ngobrol, maka godaan untuk bergosip juga akan meningkat.

"Saya harus akui, begitu jam menunjukkan pukul 3 sore maka saya mulai memikirkan rencana kegiatan untuk malam harinya. Pada waktu itu produktivitas saya agak terganggu," kata salah seorang responden kepada situs London Offices dan dikutip dari Daily Mail, Selasa (4/6/2013).

Banyak pekerja kantoran mengaku butuh kopi dengan efek kafein yang kuat untuk melewati saat-saat seperti ini. Bagi yang tidak doyan kopi, sebatang cokelat paling banyak menjadi pilihan untuk menjaga konsentrasi agar tetap produktif dalam bekerja.

Michael Davies, seorang pakar bisnis dari London Offices yang terlibat dalam survei tersebut mengakui bahwa produktivitas cenderung menurun sekitar pukul 3 sore. Meski demikian, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan oleh para karyawan untuk mengatasinya.

"Tantangannya adalah menjaga level produktivitas agar stabil dan tidak berayun dari sisi-sisi yang ekstrem," kata Davies yang menyarankan agar para pekerja beristirahat untuk jalan-jalan barang 5 menit saat mulai merasakan jenuh dan susah menjaga konsentrasi.

Menjaga level produktivitas agar stabil sepanjang hari seperti saran Davies terkadang memang tidak mudah. Jika pukul 14.55 menjadi saat paling tidak produktif, maka sisi ekstrem lainnya adalah pukul 10.26 yang merupakan saat paling produktif bagi para pekerja kantoran.

(up/vit)

Source : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656114/s/2cce3740/l/0Lhealth0Bdetik0N0Cread0C20A130C0A60C0A40C1252490C22642640C7630Cpada0Ejam0Ejam0Eini0Epekerja0Ekantoran0Epaling0Ebanyak0Ekehilangan0Ekonsentrasi/story01.htm