Senin, 17 Juni 2013

Obat Anti Botak Bikin Orang Malas Minum Alkohol

INILAH.COM, Jakarta- Obat pencegah kerontokan rambut ternyata juga mampu membuat orang tak berminat lagi dengan alkohol. Sebelumnya obat anti botak ini diketahui juga memberikan efek samping menurunkan gairah seksual.

Penelitian yang dilakukan tim dari Universitas George Washington, mengungkapkan, dua pertiga dari laki-laki yang minum obat anti botak finasteride mengalami penurunan minat minum alkohol. Bahkan efek samping ini berlanjut setelah orang berhenti minum obat.

Peneliti Dr Michael Irwig mewawancarai 83 pria sehat yang mengalami efek samping seksual saat minum obat itu. Ia juga mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan sejarah medis pria, fungsi seksual dan kebiasaan konsumsi alkohol sebelum dan setelah minum obat.

Dari 63 pria yang memiliki kebiasaan minum, 65 persen tercatat mengalami penurunan konsumsi alkohol bahkan setelah mereka tak lagi meminum obat.

Sementara 32% melaporkan tidak ada perubahan dalam konsumsi alkohol mereka, dan 3% justru mengaku mengalami peningkatan konsumsi.

Para peneliti tidak tahu mengapa obat tersebut memiliki efek ini pada kebiasaan minum orang.

Namun, Dr Irwig percaya bahwa hal itu dikarenakan obat mengurangi kemampuan otak untuk membuat hormon, yang disebut neurosteroids, yang terkait dengan kepentingan dalam alkohol. Seperti dilansir dari dailymail.

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2000467/obat-anti-botak-bikin-orang-malas-minum-alkohol