Rabu, 19 Juni 2013

Membaca Bahasa Tubuh Pria yang Bohong dan Terluka

Membaca Bahasa Tubuh Pria yang Bohong dan Terluka

(feelingsuccess.com)

Liputan6.com, Jakarta : Membaca bahasa tubuh seseorang bukan hal yang mudah. Padahal, dari bahasa tubuh itu seseorang bisa menyampaikan perasaannya. Seperti yang sering dilakukan pria, makhluk yang senang bertindak dibanding berbicara.

Ada empat hal penting yang sering pria ungkapkan dari bahasa tubuhnya tanpa mengucapkan apapun seperti dikutip Womenhealthmag, Selasa (18/6/2013):

"Karena laki-laki belajar untuk bersosialisasi melalui tindakannya, mereka terus menerus mengirimkan sinyal tentang bagaimana perasaannya," kata Pakar Bahasa Tubuh Kevin Hogan, Psy.D, yang juga penulis `The Psychology of Persuasion.

"Yang harus Anda lakukan adalah mengamati mereka".

Berikut cara melatih mata Anda menangkap pikiran terdalam pria:

1. Berbohong

Petunjuk: Pria terus menggaruk hidung dan telinganya.

"Ketika seorang pria takut terjebak dalam kebohongan, denyut jantungnya sering menjadi cepat dan darah bergegas ke hidung, telinga, dan dahi, yang menciptakan rasa gatal, dan sesansi geli," kata Hogan.

Langkah Anda: Untuk mendapatkan kebenaran darinya, pasang wajah ramah. Kemudian susun pertanyaan dengan cara yang kedengarannya seperti Anda ingin tahu bukan menuduh.

Menurut Terapis Keluarga di Los Angeles, Leslie Seppinni, Psy.D, pembohong jarang akan mau bercerita dalam waktu sebentar. Jika Anda mendengarkannya dalam waktu yang cukup lama, mungkin ia akan tersandung dengan kisah yang berbelit-belit dan membocorkan rahasianya.

2. Dia ingin mengakui sesuatu dan itu tidak bagus

Petunjuk: Dia menarik bibirnya.

"Ketika pria harus melepas sesuatu dari dadanya, mulutnya akan tegang dan dia akan menekan bibirnya seolah-olah tak bisa memutuskan apakah ia harus membuka mulutnya dan membongkar kabar buruk," ujar Patti Wood, pakar Bahasa Tubuh.

Langkah Anda: Ketika penyelidikan terdengar tulus, hal itu bisa membuat orang yang ingin membuat pengakuan menjadi santai. Katakan sesuatu seperti, "Kamu terlihat kesal. Ada yang ingin kamu sampaikan ke saya?".

Tidak peduli apapun itu, jangan lupa tetap menjaga wajah Anda terlihat tidak curiga bahkan jika apa yang ia katakan mengganggu Anda.

"Cara terbaik untuk mendapatkan informasi dari seorang pria adalah untuk menjaga ekspresi netral saat dia berbicara sehingga ia tidak akan mengubah ceritanya berdasarkan pada reaksi Anda," kata Scott Haltzman, MD, penulis The Secret of Happy Families,

3. Egonya terluka

Petunjuk: Dia memegang salah satu pergelangan tangannya. "Ini mungkin terlihat ia ingin menyesuaikan jam tangannya, tapi bisa menjadi tanda kalau ia merasa tidak aman," kata Patti Wood, pakar Bahasa Tubuh.

Ini seperti pria Anda ingin melindungi dirinya sendiri, lengannya bertindak seperti memosisikan perisai di tubuhnya.

Langkah Anda: Pria suka merasa seperti superhero, jadi ketika bosnya memarahinya, atau Anda tak sengaja menghinanya, kepercayaan dirinya menurun.

"Ketika perasaan pria terluka atau ia mencoba memilah masalah tertentu, ia merasa tak berdaya," kata Haltzman.

"Beri dia waktu sendirian untuk memikirkan masalah ini dan mendapatkan kendali kembali".

4. Dia menebak-nebak hubungan Anda

Petunjuk: Dia selalu terlihat memegang sesuatu di tangannya. Ia mungkin menghindari keintiman sejak menyimpan tangannya untuk mencegah dirinya menyentuh Anda.

"Menciptakan jarak fisik sehingga dia siap memberikan keputusan merupakan cara pria memproses perasaannya," kata Patti Wood, pakar Bahasa Tubuh.

Langkah Anda: Katakan kepadanya `Saya senang jika kita terbuka satu sama lain, tapi saya rasa kamu tak menyampaikan sesuatu ke saya`.

Jika dia menghindari Anda, katakan kepadanya kalau `Saya bisa mengatasi apapun itu`.

Menurut Haltzman, MD, ini mungkin meyakinkan kepada si pria kalau Anda tak ketakutan karena sebagian pria khawatir dengan ekspresi diri.

Jika pria mulai berbicara itu bagus. Tapi, jika dia masih ragu-ragu dengan hubungan yang dijalin, biarkan dirinya mengambil jarak hingga dia tahu di mana dia berada.

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/616253/membaca-bahasa-tubuh-pria-yang-bohong-dan-terluka