Rabu, 19 Juni 2013

Manfaat yang Akan Didapat Selama Menunaikan Ibadah Haji

Manfaat yang Akan Didapat Selama Menunaikan Ibadah Haji

(Antara)

Liputan6.com, Jakarta : Wajib, bagi umat muslim di seluruh dunia, menunaikan rukun Islam kelima, yaitu menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Selain mendekatkan diri kepada-Nya, ternyata berhaji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang menunaikannya.

Dr. H. Zaenal M. Sofro, M.D. AIFM, Sport & Circ. Med, dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadja Mada mengatakan, umat muslim yang akan menjalani ibadah haji ke Tanah Suci, akan mendapatkan setidaknya 4 macam kesehatan yang baik untuk jiwa dan raganya.

"Sudah jelas tubuh akan sehat. Karena selama di sana fisik bergerak terus. Semua jemaah akan banyak berjalan," terang dr Zaenal, saat Media Conference 'Pocari Sweat Conference Haji 2013', di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa (18/6/2013)

Menurutnya, tak ada jemaah yang dimanja selama di Tanah Suci Mekkah. Walaupun jemaah tersebut orang yang kaya raya, tetap berjalan. "Nggak ada jamaah haji yang naik Merci. Misalnya 'Saya mau Tawaf naik Merci saja', mana ada yang seperti itu. Pastinya semua akan berjalan dan bergerak," jelasnya.

Selain itu, secara psikologis jamaah haji akan mengalami perubahan, yang membuatnya jauh lebih baik. Itu semua bisa dilihat sepulang dari Tanah Suci. Dari situ dapat dilihat apakah ia seorang haji yang mabrur atau tidak.

"Tanda haji yang mabrur itu, kalau berbicara nadanya bagus. Ditambah, biasanya orang yang sudah pulang dari haji akan suka memberi rezeki ke orang lain," terang dr Zaenal.

Pun dari segi sosial maupun spiritual seseorang yang baru pulang berhaji akan mengalami perubahan.

"Misalnya, dia selalu memberikan lebih banyak dari apa yang dia makan ke orang lain. Selanjutnya, orang tersebut akan berzikir dan bertakbir terus," tambanya.

(Adt/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/616251/manfaat-yang-akan-didapat-selama-menunaikan-ibadah-haji