Kamis, 13 Juni 2013

Manfaat Sehat Mendonorkan Darah

BANYAK manfaat yang di dapat bila seorang yang melakukan donor darah. Tak hanya menghindari dari penyakit jantung, donor darah juga dapat mengontrol tekanan darah Anda.

Adapun hal ini sesuai pernyataan Dr. dr. Yuyun Soedarmono, M.Sc selaku Direktur Unit Donor Darah Pusat Palang Merah Indonesia. Dia  menjelaskan bahwa seseorang yang mendonorkan darah akan mendapatkan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Semisal dari dapat melihat kondisi kesehatan terkini dirinya, dapat memangkas risiko penyakit jantung, sampai mengontrol tekanan darah sebagai pemicunya.


Lebih dalam lagi, sambung Dr.Yuyun, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari seorang mendonorkan darah. Sayangnya banyak orang yang masih kurang menyadari manfaat tersebut.
Berikut ini ada beberapa penjelasan menurut Dr. Yuyun mengenai manfaat donor darah, di antaranya sebagai berikut:

Sebagai tes kesehatan diri untuk mendeteksi penyakit

Status kesehatan seorang pendonor akan berubah setiap tiga bulan sekali, dan dengan mendonorkan darah ini kesehatan diri,  secara tak langsung Anda sedang memeriksakan diri. Dimana bila memang terdapat penyakit menempel tubuh, pasti bisa cepat terdeteksi, sehingga keuntungannya Anda dapat mengambil penanganan yang optimal dan risiko penyakit untuk sembuh relatif cepat.

Dapat mengurangi kolesterol

Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke sebesar 30 persen. Hal ini bisa terjadi, karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Sehingga badan pun Anda pun jadi lebih sehat. Selain itu juga, dapat mengurangi risiko jantung koroner, dimana kadar Fe (besi) dalam darah menjadi berkurang.

Dapat mengontrol tekanan darah 

Hal ini karena seorang yang rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan dapat membantu mengstabilkan kadar zat besi yang berlebihan.

Dapat mengurangi risiko kanker

Radikal bebas yang kerap memicu kanker di tubuh seseorang, dapat dihilangkan bila darah seseorang zat besi selalu teregenerasi. Inilah salah satu manfaat dari mendonorkan darah.

Kesehatan psikologis meningkat

Kondisi itu muncul karena rasa puas pendonor yang dapat membantu menyelamatkan kehidupan orang lain. (ind)

(tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/13/486/821494/manfaat-sehat-mendonorkan-darah