Minggu, 02 Juni 2013

Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta : Ketika seseorang kolesterolnya sudah tinggi, ia akan diberikan obat-obatan statin. Namun efeknya bisa menyiksa orang itu. Sebenarnya ada makanan yang bisa menurunkan kolesterol Anda.

Pengalaman pahit dengan obat-obatan statin dirasakan seorang pria di sebuah tempat olahraga yang tak disebut identitasnya. Ia menceritakan keteman-temannya kalau obat-obatan yang diminumnya itu malah menyiksanya,

"Saya tak bisa mengangkat beban lagi tanpa rasa sakit," keluh pria yang kelebihan berat badan itu seperti dikutip Examiner, Sabtu (1/6/2013).

"Ini obat-obatan statin. Mereka seharusnya menurunkan kolesterol saya, tapi malah menghancurkan hidupnya.

Obat-obatan statin memang bisa memberikan efek samping seperti mual, masalah hati, atau nyeri otot. Dan Dr Mehmet Oz memberikan cara yang bagus untuk menyelamatkan diri dari ancaman kolesterol dengan menggunakan makanan sebagai obat.

Jika Anda sudah bergaya hidup sehat namun statin tak membantu, Dr Oz mendesak Anda untuk menggunakan kekuatan makanan agar arteri bersih .

"Makanan ini bisa membantu Anda menurunkan kolesterol LDL". "Akibatnya, Anda bisa mengatur tekanan darah dan gula darah".

Inilah daftar makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol:

1. Oats, kacang-kacangan, dan pir bisa membuat tubuh menyediakan serat yang melarutkan kolesterol jahat, dan mengeluarkan dari tubuh Anda.

"Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah dan sayuran".

Dr OZ merekomendasikan untuk mengonsumsinya hingga 10 gram per hari. Nikmati sarapan dengan oatmeal. Pada hari yang panas, campur dengan yogurt Yunani polos dan sesendok sirup maple murni agar rasanya luar biasa.

2. Walnut, biji bunga matahari menyediakan pitosterol LDL dan lemak jantung sehat. Nikmatinya setiap hari.

Selipkan sekantong kecil biji bunga matahari di dalam tas Anda untuk dinikmati di tempat kerja atau di mana saja.

3. Cokelat hitam. Berapa banyak? Satu ons cokelat hitam (70 persen kakao atau lebih tinggi) beberapa kali setiap minggu.

Tips: Pilihlah yang bebas gluten dan organik, yang mengandung 70 persen kakao.

(Mel/Abd)

http://health.liputan6.com/read/598997/makanan-penurun-kolesterol-apa-saja