Sabtu, 29 Juni 2013

Makan Ayam Cegah Kanker Usus?

INILAH.COM, Jakarta- Sebuah penelitian mengungkapkan, remaja yang rutin mengkonsumsi ayam memiliki risiko kecil terkena kanker usus saat mereka tua nanti.

Tim ilmuwan dari Universitas Harvard School of Public Health di Bostom, AS menemukan fakta, ayam membantu mengurangi produksi adenoma, sel berbahaya pemicu kanker. Ini adalah studi pertama yang mengkaitkan daging ayam mengurangi risiko kanker usus.

Labih dari 40 ribu orang pertahun di Inggris didiagnosa terkena kanker usus dengan kasus meninggal dunia sebanyak 16 ribu orang per tahun.

Seperti dilansir dari dailymail, diet tinggi lemak dan daging merah serta kurang olahraga diperkirakan menjadi sumber timbulnya penyakit itu.

Penelitian melibatkan 20 ribu wanita dalam waktu yang sama yaitu dimulai pada akhir 1990-an.

Pada awal penelitian para perempuan memberikan informasi tentang kebiasaan makan mereka di masa remaja dan anak-anak. Mereka lalu dipantau berapa banyak yang berisiko adenoma.

Hasilnya, dalam penelitian yang dipublikasikan secara online pada American Journal of Epidemiology menunjukkan, perempuan yang mengkonsumsi ayam pada masa remaja mereka paling mungkin memiliki risiko kecil pertumbuhan pra-kanker.

Ini berbeda ketika mereka yang memiliki kebiasaan makan daging merah saat remaja. Sementara perempuan yang makan ikan tidak menunjukkan adanya bukti ikan dapat mencegah kanker usus. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2005005/makan-ayam-cegah-kanker-usus