Rabu, 12 Juni 2013

Lemak Nabati Cegah Sel Kanker Prostat Menyebar

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Qalbinur Nawawi - Okezone
Rabu, 12 Juni 2013 12:26 wib

detail berita

(foto: Foxnews)

BANYAK manfaat yang didapat bila seseorang rutin mengonsumsi lemak nabati. Salah satunya ialah mencegah sel kanker prostat menyebar dalam tubuh.
 
Hal ini seperti hasil penelitian yang diungkap Dr Stephen Freedland, seorang urolog di Duke University Medical Center di Durham, North Carolina. Dia menjelaskan, apabila pria penderita kanker prostat rutin mengonsumsi lemak nabati yang tinggi, upaya itu dapat mencegah sel kanker prostatnya berkembang dan menyebar ke organ lain. Di mana asupan lemak nabati yang umum dikonsumsi ialah kacang-kacangan dan minyak zaitun. Demikian seperti dilansir Foxnews, Rabu (12/6/2013).
 
Penelitian itu sendiri sesuai observasi, peneliti melacak 4.577 pria yang diagnosis kanker prostat sejak tahun 1986. Kemudian, responden diberikan kuesioner setiap empat tahun sekali, dengan tujuan mendapatkan data mengenai seberapa sering mereka minum atau makan melalui 130 menu yang tertera dalam kuesioner.
 
Selanjutnya, selama delapan sampai sembilan tahun ke depan, peneliti mendapatkan laporan 315 laki-laki pengidap kanker prostat mengembangkan kanker mematikan dan 1064 meninggal karena berbagai penyebab lain. Kemudian hasil penelitian menemukan, pria yang rutin mengonsumsi lemak nabati dengan tingkat tertinggi, lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal selama penelitian dibandingkan mereka yang makan sedikit lemak nabati.
 
Terlepas dari itu, peneliti merekomendasikan pada penderita kanker prostat untuk menjauhi asupan gula sederhana, makanan yang memiliki lemak jenuh dan hasil olahan. Pasalnya cara itu merupakan salah satu cara termudah membuat tubuhnya jauh lebih baik.
(uky)
  • Lemak Nabati Cegah Sel Kanker Prostat Menyebar

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/12/482/820756/lemak-nabati-cegah-sel-kanker-prostat-menyebar