Senin, 17 Juni 2013

Kurangi Porsi Makan, Cara Sederhana Hindari Diabetes

DIABETES tipe dua adalah penyakit serius yang menurunkan secara drastis kualitas hidup seseorang. Untuk itu, mengatahui cara pencegahan, penting guna Anda terbebas dari risiko itu.
 
Ya, penyakit diabetes sangat serius dan sedang meroket beberapa tahun terakhir ini. Lalu bila Anda berpikir penyakit diabetes hanya dialami orang tua saja, Anda salah besar. Banyak seseorang yang tergolong muda juga mengalami penyakit ini. Karenanya menjadi masuk akal untuk mengetahui cara menghindari risiko itu, agar kualitas hidup Anda tetap baik.
 
Lantas, apa saja cara sederhana yang dapat menjauhi dari risiko tersebut? Healtmeup mengungkapnya sebagai berikut:
 
Tahu mengenai seluk beluk diabetes
Sebelum memulai tindakan pencegahan diabetes, penting untuk mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud diabetes. Setelah Anda mengenal dan akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai cara pencegahan yang menurut Anda mudah. (baca: Minyak Ikan Kurangi Diabetes)
 
Mengurangi ukuran porsi makan Anda
Salah satu cara menghindari penyakit diabetes ialah dengan mengurangi porsi makan harian Anda setiap hari. Kemudian, mulai mengganti kekurangan porsi tadi dengan satu cangkir buah-buahan setiap atau setengah cangkir buah-buahan. Lain itu, Anda juga bisa meminum segelas air setiap hari sebelum memulai makan, hal ini akan membuat Anda menahan lapar lebih lama dan menghindari makan makanan secara berlebihan. (baca: Cara Agak Anak Terhindar Diebetes)
 
Aktif secara fisik
Bila Anda tergolong orang yang memiliki rutinitas berolahraga setiap hari, hal itu akan banyak keuntungan kesehatan bagi tubuh Anda. Di mana berolahraga setiap hari dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh Anda. Tentu ini baik untuk menjaga kadar gula Anda tetap dibatas normal. Sementara, untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda cukup melakukan olahraga selam 30 menit setiap hari guna menjaga kadar gula tetap normal. (baca: Bolehkah Diebetesi Olahraga Selama Puasa)
 
Menurunkan berat badan
Bila Anda pernah berpikir bahwa berat badan berlebihan membuat Anda lebih mungkin terkena penyakit diabetes, Anda benar sekali. Namun tak usah cemas, asal Anda bisa menurunkan berat risiko itu secara otomatis menurun. (baca: Jalan Usai Makan Kurangi Diebetes)
 
Mengonsumsi asupan gandum pada menu diet Anda
Seseorang yang mengonsumsi gandum (sereal, bubur gandum) dapat mengurangi diabetes. Kondisi ini bisa terjadi karena penyerapan karbohidrat dalam tubuh menjadi lambat. Lain itu produk diet yang membuat menurunkan berat badan juga dapat mencegah diabetes seperti buah-buahan dan sayuran hijau. (baca: Rumus Diet Hindari Diebetes)
(uky)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/17/482/823277/kurangi-porsi-makan-cara-sederhana-hindari-diabetes