Minggu, 23 Juni 2013

Konsumsi Zat besi Saat Hamil Kurangi Risiko Bayi Lahir Prematur

Konsumsi Zat besi Saat Hamil Kurangi Risiko Bayi Lahir Prematur

(uaua.info)

Liputan6.com, Harvard : Harvard University di Amerika pada penelitiannya belum lama ini menuliskan bahwa konsumsi zat besi selama kehamilan setiap hari akan mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Studi yang mengikutsertakan dua juta wanita ini bahkan mengklaim bahwa zat besi bisa mengurangi risiko anemia sebesar 12 persen dan berat lahir rendah sebesar 3 persen.

Dilansir dari BBC, Minggu (23/6/2013) penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya zat besi di sejumlah negara miskin dan berkembang di dunia yang memengaruhi wanita hamil.

Penelitian yang diterbitkan dalam The British Medical Journal melakukan 90 penelitian secara acak dan melibatkan wanita hamil di negara-negara miskin dan berkembang termasuk China dan Tanzania.

Dari hasil penelitian, disebutkan bahwa setiap 10 miligram tambahan zat besi yang dikonsumsi setiap hari sampai maksimum 66 miligram per hari, risiko anemia dan berat badan lahir rendah menurun.

"Berat badan saat lahir ditemukan meningkat hingga 15 gram dengan masing-masing 10 miligram zat besi,"tulis studi.

Saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi 60 miligram zat besi per hari. Zat besi bisa diperoleh dari daging, sayuran berdaun hijau, buah-buahan , kacang-kacangan dan sereal.

(Fit/Igw)

Source : http://health.liputan6.com/read/619106/konsumsi-zat-besi-saat-hamil-kurangi-risiko-bayi-lahir-prematur