Kamis, 13 Juni 2013

Kegel Selamatkan Bumil dari Kerusakan Panggul

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Helmi Ade Saputra - Okezone
Rabu, 12 Juni 2013 19:48 wib

detail berita

Bumil (Foto: Google)

WANITA mempunyai panggul yang berbeda dengan pria, karena diciptakan untuk memasuki masa kehamilan dan melahirkan. Namun, kebanyakan dari ibu yang sedang memasuki masa kehamilan tidak mengetahui bahwa mereka bisa mengalami kerusakan panggul.

Menurut spesialis kebidanan dan kandungan, dr. Ivan Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG, sebanyak 25% wanita akan mempunyai risiko kerusakan jaringan dasar panggul (Pelvic Prolapse) selama kehamilan. Hal ini bisa dikarenakan kekuatan dasar panngul yang berkurang, misalnya akibat beban dari berat bayi dan air ketuban.

"Wanita mempunyai panggul yang berbeda dengan pria. Sebelum memasuki masa kehamilan panggul wanita masih ketat atau kuat, namun saat memasuki masa kehamilan, kemungkinan akan terjadi kerusakan karena kekuatan dasar panggul menjadi berkurang, misalnya akibat dari beban dari berat bayi dan air ketuban," ujar dr. Ivan dalam acara Media Workshop Dermatix bertajuk "Resiko Setelah Melahirkan : Apa Yang Tidak Anda Ketahui dan Wajib Diketahui" di RS Bunda Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Selain itu, kerusakan juga bisa disebabkan oleh melemahnya otot-otot dinding pelvis yang menopang rahim dan kandung kemih, akibat tekanan janin semasa hamil.

Lebih lanjut dr.Ivan menyarankan kepada ibu hamil untuk melakukan latihan kegel secara teratur selama dan pascamelahirkan untuk mengurangi risiko yang mungkin dialami. (ind) (tty)

  • Kegel Selamatkan Bumil dari Kerusakan Panggul
  • Risiko-Risiko Pascapersalinan Wajib Anda Tahu
  • Jangan Sepelekan Perubahan Kulit Usai Melahirkan
  • Pentingnya Vitamin B2 untuk Bumil
  • Makanan-Makanan Wajib Dihindari Bumil

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/12/483/820993/kegel-selamatkan-bumil-dari-kerusakan-panggul