Senin, 24 Juni 2013

KDRT Juga Banyak Dialami Wanita Ekonomi Atas

KDRT Juga Banyak Dialami Wanita Ekonomi Atas

Liputan6.com, Lebih dari satu di antara tiga perempuan di seluruh dunia mengalami kekerasan rumahtangga. Kasus paling banyak ada di Asia serta Timur Tengah.

Demikian disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia seperti dikutip dari laman resminya, Senin (24/6/2013)

Secara rata-rata 23,2 persen perempuan mendapat pengaruh kekerasan rumahtangga di kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi termasuk di Amerika Utara, Uni Eropa, Korea Selatan, Jepang, Australia dan Selandia Baru.

"Data ini benar-benar menunjukkan korban yang besar dalam kesehatan wanita," kata Claudia Garcia-Moren, ahli WHO untuk masalah gender, hak reproduksi, kesehatan seksual dan remaja.

Menggarisbawahi dampak dari kekerasan seperti itu, WHO mengatakan secara global 38 persen perempuan korban pembunuhan pelakunya adalah pasangan mereka.

Kekerasan disebutkan meninggalkan bekas yang tetap serta cedera tulang.

Perempuan yang mengalami kekerasan dua kali lebih banyak menderita tekanan batin dan bisa mengarah menjadi peminum alkohol dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami kekerasan.

Korban kekerasan juga lebih banyak tertular penyakit kelamin dengan tingkat sipilis hingga HIV.

Penelitian juga menunjukkan bahwa perempuan yang menjadi korban juga mengalami kehamilan tak diinginkan, pengguguran kandungan atau bayi yang kurang berat badannya, anak-anak mereka bisa tumbuh menjadi penyiksa atau korban. (Abd/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/620804/kdrt-juga-banyak-dialami-wanita-ekonomi-atas