Selasa, 18 Juni 2013

Kawah Darajat, Sejuknya Berendam Air Panas

INILAH.COM, Bandung- Sejuknya hawa pegunungan didukung asrinya pemandangan khas perkebunan, membuat Kawah Darajat jadi objek wisata yang diburu keluarga di musim liburan ini

Objek wisata yang terletak di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut ini menyimpan potensi panas bumi yang luar biasa.

Maka tak salah panas bumi yang dimiliki kawah itu dimanfaatkan sebagai lahan usaha membuat tempat berendam air panas. Di sana, ada beberapa tempat berendam sekaligus kolam renang yang menawarkan sensasi berbeda.

Namun tak lengkap rasanya bila belum sampai ke puncak kawah. Sebab, di titik kawah yang ketinggian rata-ratanya 1.920 meter di atas permukaan laut itu, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang sedap di mata.

Saat memasuki kawasan kawah, pengunjung ditawari jasa pengantar sampai tempat tujuan. Jasa tersebut biasanya dibayar sesuai kesepakatan. Mereka akan berperan sebagai pemandu wisata yang akan menggiring pengunjung menyaksikan salah satu keajaiban Tuhan tersebut.

"Kawah ini jarang dibuka untuk umum. Kalau sekarang mau masuk bisa bayar tiketnya di sini lalu saya antar ke lokasi. Nanti saya tuntun pakai motor," ujar salah seorang penjual jasa di Kawah Darajat, Danang kepada INILAH.COM, saat ditemui di Kawah Darajat, Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Minggu (16/6/2013).

Untuk memasuki kawah pengunjung yang ingin melakukan aktivitas berwisata harus memiliki izin dari pihak PT Amoseas. Perizinan ini diberlakukan karena Kawah Darajat merupakan kawasan perindustrian dan juga bahaya gas alam.

Melewati medan terjal, menanjak serta berkelak-kelok, perjalanan menuju Kawah Darajat memang membutuhkan konsentrasi tinggi serta kewaspadaan. Pasalnya, masih banyak bebatuan di ruas jalan yang kapan pun bisa menjadi bumerang bagi kendaraan khususnya kendaraan roda dua.

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan sebuah pipa panas berukuran besar yang berderet rapi sepanjang jalan. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2000819/kawah-darajat-sejuknya-berendam-air-panas