Sabtu, 22 Juni 2013

Kantin Sekolah Anak Sehat Nggak Ya? Cek 3 Ini

Kantin Sekolah Anak Sehat Nggak Ya? Cek 3 Ini

Liputan6.com, Jakarta : Makanan dan minuman merupakan media yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit bila pengelolaannya tidak benar. Pentingnya sanitasi makanan di kantin sekolah menjadi awal terciptanya generasi berkualitas di sekolah.

Menurut Pakar Kesehatan Masyarakat yang aktif bekerja di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nurrahmiati. MKM, kebersihan peralatan masak dan makan adalah salah satu upaya menjaga sanitasi makanan.

"Upaya pencegahan untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat mengganggu kesehatan menjadi sangat penting, termasuk melalui perawatan masak dan makan dengan baik dan benar," ucapnya saat seminar `Kantin Higienis Sunlight`, seperti ditulis Sabtu (22/6/2013).

Kantin yang sehat seharusnya memiliki:

  1. Tempat pencucian antara peralatan dan bahan pangan terpisah
  2. Pencucian peralatan harus menggunakan bahan pembersih
  3. Peralatan dan bahan makanan yang telah dibersihkan disimpan dalam tempat yang terlindung dari pencemaran serangga, tikus dan hewan lainnya.
"Kriteria kantin yang sehat adalah tempat pencucian bahan pangan harus terpisah dengan peralatan makan dan masak, menggunakan bahan pembersih yang tepat, peralatan yang sudah bersih disimpan dengan baik," ujar dr. Nurrahmiati. MKM.

(Mia/Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/618733/kantin-sekolah-anak-sehat-nggak-ya-cek-3-ini