Senin, 10 Juni 2013

Kanker Payudara Mengintai Para Wanita Karier

TEMPO.CO, London -- Berdasarkan penelitian terbaru, wanita profesional atau wanita yang sukses berkarier cenderung mengalami perkembangan kanker payudara pada dirinya. Stres di tempat kerja, prasangka buruk terhadap rekan kerja, diskriminasi, dan pemikiran negatif lainnya yang berada di kantor, membuat perempuan profesional memiliki risiko 70 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan perempuan lain.

Hal ini dilansir di situs Independent pada hari ini, Senin, 10 Juni 2013. "Wanita yang menempati posisi manajerial pada tahun 1970-an mengalami prasangka dan diskriminasi karena budaya saat itu menganggap laki-laki lebih bisa memimpin daripada wanita," kata Dr Tetyana Pudrovska yang memimpin penelitian tersebut.

Penelitian yang telah dilakukan selama 55 tahun ini meneliti perempuan berusia 30-an pada tahun 1970. Penelitian ini membuktikan adanya hubungan antara stres dalam bekerja dan risiko kanker, khususnya kanker payudara. Makin tinggi jabatan seorang perempuan, makin besar pula risiko kanker yang mungkin akan dihadapi. Penelitian ini difokuskan pada hampir 4.000 wanita yang semuanya berusia sekitar 30-an pada tahun 1975.

Banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa kanker dapat ditangani dan dirawat hingga sembuh. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran untuk memeriksakan diri dan mencari bantuan medis sejak dini. Setiap wanita sebenarnya dapat melakukan pemeriksaan sendiri. Bila mereka mendapatkan benjolan pada payudara, mereka dapat berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya berdasarkan standar WHO.

Menurut ketetapan WHO, wanita berusia 20-40 tahun perlu memeriksakan diri dengan alat mamografi setidaknya satu kali. Jika usianya 40-50 tahun, sebaiknya memeriksakan diri dua tahun sekali. Jika di atas usia itu, sebaiknya memeriksa setiap tahun.

INDEPENDENT.CO.UK | ANINDYA LEGIA PUTRI

Berita Terkait:
Waspada Minum Saat Berolahraga
Perempuan Tak Mudah Terinfeksi di Rumah Sakit
Makin Muda, Makin Pelupa
Ditemukan, Tumor Tulang Tertua pada Manusia Purba
Konsumsi Ikan Bantu Kurangi Alergi pada Anak

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/10/060487018/Kanker-Payudara-Mengintai-Para-Wanita-Karier