Selasa, 18 Juni 2013

Jemaah Haji Wanita Paling Banyak yang Dehidrasi

Jemaah Haji Wanita Paling Banyak yang Dehidrasi

(Antara/Rahmad)

Liputan6.com, Jakarta : Jemaah haji yang menunaikan ibadah di Tanah Suci berisiko mengalami dehidrasi jika kekurangan cairan. Dan jemaah wanitalah yang paling banyak mengalaminya.

Menurut dr. H. Zaenal M. Sofro, M.D. AIFM, Sport & Circ. Med, dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadja Mada, jika dibandingkan pria, wanitalah yang paling banyak lemaknya, sehingga cairannya banyak yang terbuang.

"Apalagi kalau wanita sudah mengalami pertambahan usia, kandung kemihnya mengalami penyusutan, sehingga mudah sekali mengalami beser," jelas dr Zaenal, dalam acara Media Conference 'Pocari Sweat Conference Haji 2013', di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa (18/6/2013)

Sering beser itulah yang membuat seorang wanita ketakutan untuk minum. "Makanya, wanita lebih banyak menahan haus daripada mengonsumsi air. Sehingga risikonya bisa semakin tinggi," ujar dr Zaenal menambahkan.

Beda dengan pria, jelas Zaenal, pria dinilai lebih praktis karena bisa buang urinenya di mana saja. "Ddengan posisi apa pun pria dapat melakukannya. Sedangkan wanita kan, tidak bisa seperti itu," jelas dr Zaenal.

Padahal, selama menunaikan ibadah haji, sebisa mungkin para jamaah untuk tidak mengalami dehidrasi. Makanya itu, para jamaah diminta untuk selalu makan dan minum apa pun kondisinya. Tak boleh ditahan.

"Karena apabila terjadi dehidrasi, orang akan mudah emosi, marah, capai, pingsan, dan bahkan pikun. Banyak jemaah haji yang pikun, dan salah masuk penginapan, ketika diberikan air ingatannya pulih kembali," pungkas Zaenal.

(Adt/Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/615986/jemaah-haji-wanita-paling-banyak-yang-dehidrasi