Sabtu, 29 Juni 2013

Jangan Khawatir Mereka Sedang Bertumbuh

INILAH.COM, Jakarta- Tidur bayi memang identik dengan belum bisa diam atau tenang. Posisi tidurnya yang bisa 180 derajat berubah dari posisi awal atau berguling ke sana dan ke sini, seringkali membuat ibu bertanya-tanya, apakah ada bagian tubuh mereka yang sakit atau mereka sedang gelisah. Para ibu lalu menjadi khawatir.

Namun dokter spesialias masalah tidur, dokter Andreas Prasadja RPSGT mengingatkan agar para ibu tidak terlalu khawatir dengan kondisi seperti ini. Ini adalah kondisi alami terjadi pada bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ketika tidur pun, pertumbuhan dan perkembangan bayi tetap berjalan.

"Ini yang umum terjadi pada anak dibawah lima tahun atau lebih muda, perilaku tidur yang seperti ini sebenarnya tidak masalah," ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dokter Andreas menjelaskan, sebenarnya saat tidur itulah para bayi sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan syaraf-syaraf dan otot mereka. Mudahnya, ini bisa dilihat ketika Anda mendapati bayi Anda sedang tidur tiba-tiba tersenyum atau cemberut.

Tak hanya itu, lanjut dokter Andreas, saat tidur itulah para bayi sedang menguatkan kemampuan gerak mereka.

"Kemampuan skill yang dilatih pada siang hari sedang dipoles pada malam hari. Nah ini muncul dalam posisi tidur yang seperti itu, tidurnya tidak bisa diam, banyak gerak, seolah dia gelisah padahal dia tidak sedang gelisah melintang," terang dokter yang sehari-hari berpraktek di Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran Jakarta ini.

Karenanya, dia mengingatkan agar para ibu tidak terlalu khawatir tentang perilaku tidur bayi yang seperti itu namun tetap melakukan pengawasan untuk mencegah bayi terluka, seperti jatuh dari tempat tidur atau terkilir. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2005048/jangan-khawatir-mereka-sedang-bertumbuh