Jumat, 14 Juni 2013

"Jangan Bangga Kalau Rumah Sakit Penuh"

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Margaret Puspitarini - Okezone
Jum'at, 14 Juni 2013 13:48 wib

detail berita

JK (Foto: dok Okezone)

KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menyayangkan pola pikir masyarakat yang merasa bangga jika suatu rumah sakit ternama penuh dengan orang sakit. Bahkan, rumah sakit tersebut sampai tak lagi mampu menampung pasien lagi.

"Masyarakat justru bangga kalau suatu rumah sakit sampai penuh dan tidak mampu menampung pasien lagi. Padahal, mereka harusnya bangga ketika rumah sakit itu kosong, bukan sebaliknya," ungkap JK dalam Stadium Generale Pengelolaan Bencana di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2013).

JK menyebut, banyaknya jumlah pasien di sebuah rumah sakit justru menjadi indikasi jika lingkungan tersebut kotor. Sehingga menyebabkan banyak warga terkena penyakit hingga harus dirawat di rumah sakit.

, berarti walikotanya tidak beres dalam mengelola lingkungan. Tapi kalau semakin sedikit warga yang sakit dan rumah sakit kosong, berarti walikotanya sudah baik dalam mengelola lingkungan," tuturnya.

Menurut JK, pola pikir tersebut harus diubah. Apalagi pola pikir masyarakat yang merasa jika kesehatan merupakan urusan rumah sakit semata. Padahal, lanjutnya, kesehatan juga mencakup faktor lain.

"Banyak orang yang berpikir kesehatan adalah urusan rumah sakit. Padahal ada empat simpul utama kesehatan, yaitu genetik, lingkungan, kebiasaan, dan rumah sakit. Jadi rumah sakit hanya 1/4 saja, tidak seluruhnya," imbuh mantan Wakil Presiden RI itu. (ind) (tty)

  • Benarkah Donor Darah Bikin Gemuk?
  • Infeksi Bikin Suasana Hati Memburuk?
  • Donor Darah Bisa Jadi Gaya Hidup Sehat
  • Waspadai Restless Legs Syndrome Bagi Pria
  • Vitamin C Bantu Kurangi Gejala Gangguan Pernafasan

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/14/482/821949/jangan-bangga-kalau-rumah-sakit-penuh