Minggu, 16 Juni 2013

Jangan Anggap Remeh Cuci Tangan

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Qalbinur Nawawi - Okezone
Minggu, 16 Juni 2013 18:56 wib

detail berita

Cuci tangan (Foto: Personal)

BANYAK hal yang membuat seseorang bisa jatuh sakit. Salah satunya karena tak membiasakan mencuci tangan dengan sabun dengan waktu lama selepas ke kamar mandi.
Hal ini seperti yang diungkap sebuah hasil penelitian dalam Journal of Environmental Health. Dijelaskannya bahwa hanya lima orang yang mencuci tangan mereka cukup lama untuk membunuh kuman penyebab penyakit infeksi setelah dari kamar mandi.
 
Peneliti mengobservasi belasan mahasiswa untuk melihat kebiasaan pergi ke kamar mandi, khususnya untuk mencuci tangan. Ditemukan 15 persen pria tak mencuci tangan mereka sama sekali, dan 50 persen dari mereka tak menggunakan sabun.
 
"Mencuci tangan dengan sabun ialah salah satu agar terhindar penyakit, seperti diare, gangguan pencernaan, flu-batuk dan lain lain. Pasalnya makanan yang mengandung banyak bakteri dan penyakit sering berasal dari kamar mandi. Di mana hal itu bila dibiarkan membuka jalan penyakit masuk ke dalam tubuh, dan akhirnya membuat Anda sakit," ujar Elaine Larson, Ph.D., profesor epidemiologi di Columbia University.
 
Larson menganjurkan, upayakanlah mulai dari sekarang untuk mencuci tangan setelah masuk ke kamar mandi. Sebuah penelitian terbaru dalam Journal of Environmental Research and Public Health menemukan, saat seseorang mencuci tangannya dengan sabun dan air menghilangkan 92 persen organisme (penyebab penyakit infeksi) di tangan Anda. Lain itu, bila Anda berkumur dengan air Anda dapat menghapuskan 77 persen bakteri dan virus.

Sementara itu untuk hasil terbaik dalam mencuci tangan, setidaknya 15 detik dengan sabun dan air pada ujung jari cukup menghapus organisme dalam tangan. (tty)

  • Enam Cara Jitu Tingkatkan Metabolisme Tubuh
  • Mengenal Manfaat Probiotik bagi Tubuh
  • Teh Lemon Bikin Fit Terus di Cuaca Tak Bersahabat
  • Tubuh Sehat, Kuncinya Jaga Keseimbangan Lemak
  • Sup Bantu Diet Lebih Berhasil

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/16/486/822751/jangan-anggap-remeh-cuci-tangan