Sabtu, 15 Juni 2013

Jadi Gaya Hidup, Donor Darah Kini Semakin Mudah

INILAH.COM, Jakarta- Palang Merah Indonesia (PMI) berharap donor darah bisa menjadi bagian dari gaya hidup yang menyehatkan di kalangan masyarakat saat ini.

Karena tak hanya membantu bagi mereka yang membutuhkan darah, donor darah terbukti memberikan manfaat kesehatan bagi pelakunya.

Untuk meningkatkan minat mendonorkan darah tersebut, PMI terus melakukan upaya memudahkan orang mendonorkan darah mereka. Yaitu dengan memperbanyak gerai donor darah dan jemput bola ke masyarakat luas.

"Donor darah kini bisa dilakukan di tempat-tempat umum, mereka tak harus datang ke kantor PMI," kata pengurus PMI, dokter Farid Hussain Sp.Bd dalam acara talkshow memperingati hari donor darah sedunia 'A Drop for Hopes-22 Kebaikan Donor Darah' yang diselenggarakan Tupperware di Jakarta, Jumat (14/6).

Yaitu dengan membuka gerai-gerai donor darah di pusat-pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung di Jakarta. "Seperti di Tanah Abang dan Senayan City, kita berkerjasama dengan sejumlah mal yang pengunjungnya sekitar 10 ribu," tambahnya.

Bahkan donor darah kini tak hanya mendatangi kantor-kantor yang karyawannya ingin mendonorkan darah tapi mulai merambah acara-acara formal dan non formal seperti pesta ulang tahun. Yaitu memperluas daya jangkauan mobil donor darah.

"Seperti kemarin salah satu pengurus PMI yang mengadakan ulang tahun, kita menempatkan sebuah mobil donor darah, yang ulang tahun memberi pesan kepada para tamu udangannya agar tidak perlu membawa kado, tapi memberikan darah untuk didonorkan," sambungnya.

Komunitas Blood4life, komunitas yang didirikan khusus untuk mewadahai pedonor rutin yang siap sedia mendonorkan darahnya jika diperlukan, juga melihat tingginya minat orang untuk mendonorkan darahnya. Ini terlihat dari banyak dan cepatnya respon mereka yang ingin membantu mendonorkan darah begitu ada permintaan.

"Bahkan dibanding negara lain seperti di Amerika, di Indonesia masyarakatnya terbilang masih punya hati nurani karena banyak yang bersedia mendonorkan darahnya ketika ada permintaan. Ketika kita menyebarkan luaskan adanya permintaan bantuan darah, tidak sampai 5 menit banyak yang membalas bersedia mendonorkan," kata Valencia Mieke Randa atau yang akrab dipanggil Silly.

Sementara tidak hanya satu atau dua manfaat kesehatan yang didapatkan ketika mendonorkan darah, ini ada 22 kebaikan donor darah seperti dirilis Tupperware.

1. Peduli pada sesama
2. Memperpanjang hidup orang lain
3 .Membantu hidup orang lain
4. Satu kantung darah dapat menyelamatkan tiga nyawa
5. Membantu menurunkan berat badan
6. Membantu membakar kalori
7. Deteksi dini risiko kesehatan
8. Melindungi jantung
9. Mencegah stroke
10. Mengatur kontrol kesehatan
11. Meningkatkan sel darah merah
12. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal
13. Meningkatkan kesehatan psikologis
14. Membantu sirkulasi darah
15. Memaksimalkan darah dalam paru-paru
16. Menurunkan zat seng dalam darah
17. Memperharui sel darah baru
18. Mencegah risiko kesehatan
19. Mencegah penyakit langkah
20. Menghilangkan kaku di pundak
21. Mengalahkan kelebihan zat besi
22. Mengetahui lebih lanjut tentang tipe darah individual. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1999871/jadi-gaya-hidup-donor-darah-kini-semakin-mudah