Sabtu, 08 Juni 2013

Insomnia Picu Penyakit Jantung kepada Wanita

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Qalbinur Nawawi - Okezone
Jum'at, 7 Juni 2013 18:53 wib

detail berita

(foto: Reuters)

SULIT tidur pada malam hari atau insomnia bagi wanita bisa berbahaya. Sebab, hal itu bisa memicu penyakit jantung.
 
Hal itu sesuai hasil penelitian yang dipublikasikan secara online dalam Journal of Psychiatric Research. Dijelaskan, wanita yang sering kurang tidur atau insomnia meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti dilansir Dailymail, Jumat (7/6/2013).
 
"Sekarang kita memiliki bukti bahwa kurang tidur bukan masalah sepele, lebih dari itu, sulit tidur ternyata dapat membuat wanita berisiko mangidap penyakit jantung,"  Dr Aric Prather, seorang psikolog kesehatan dan asisten profesor psikiatri di University of California, San Francisco.
 
Adapun hasil itu, merupakan upaya para peneliti dalam mengamati semua responden yang memiliki kantung koroner. Di mana mereka diwawancarai tentang bagaimana kualitas tidur mereka ketika pertama kali terdaftar sebagai responden, dan sampai lima tahun ke depan.
 
Kesimpulan penelitian itu menjelaskan, bahwa kurang tidur merupakan faktor risiko seorang wanita mengalami penyakit kronis, termasuk penyakit jantung koroner.
 
Sementara itu, tak usah cemas menghadapinya. Sebab dengan kembali ke gaya hidup sehat dapat meningkatkan kesehatan dan memangkas risiko sebesar 80 persen selama periode delapan tahun. 
(uky)
  • Otak Lebih Encer? Rutin Lakukan Yoga
  • Cegah Anemia dengan Makan "si Kuning"
  • Vitamin B Lindungi Otak dari Penyusutan
  • Gemar Minum Soda, Waspada Ancaman Stroke
  • Biskuit Bisa Sebabkan Penyakit Jantung?

http://health.okezone.com/read/2013/06/07/482/818837/insomnia-picu-penyakit-jantung-kepada-wanita