Selasa, 18 Juni 2013

Ini Penyebab Orang Ekstrovert Suka Berpesta

TEMPO.CO, Ithaca - Mengapa orang ekstrovert lebih suka menghabiskan waktu di pesta-pesta liar, sementara orang introvert lebih suka di tempat tenang dengan secangkir teh? Sebuah studi mengungkapkan perbedaan itu disebabkan cara otak kedua tipe orang itu berbeda dalam merespons pengalaman.

Dilansir dari Daily Mail, Senin, 17 Juni 2013, Yu Fu dan Richard Depue dari Cornell University, Amerika, meneliti perbedaan orang ekstrovert dan introvert. Hasilnya, mereka menemukan orang ekstrovert menyukai kepuasan instan, sementara orang introvert cenderung tidak suka oleh stimulasi yang berlebihan.

Selain itu, orang ekstrovert juga cenderung memfokuskan perhatian mereka pada wajah orang lain, sementara orang introvert memberi perhatian pada detail-detail yang lebih kecil.

Dalam studinya, peneliti melibatkan partisipan yang diberi Ritalin, sebuah obat yang diberikan pada pengidap attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Obat ini mendorong otak untuk memproduksi dopamin yang menimbulkan rasa gembira.

Para partisipan lalu diminta menyaksikan video, sementara para peneliti mempelajari bagaimana tayangan di video mempengaruhi pelepasan dopamin pada otak mereka. Peneliti melakukan ini dengan mempelajari perilaku partisipan, termasuk sikap mereka dan seberapa cepat mereka menjentikkan jari-jari mereka.

Dari sini, peneliti mengungkap bahwa pengalaman pada orang ekstrovert mempercepat produksi dopamin, sementara pada orang introvert, tidak demikian. Sebagai hasilnya, peneliti menyimpulkan cara kerja otak orang introvert punya perbedaan mendasar dengan orang ekstrovert.

"Temuan ini membantu menghubungkan pengobatan kepribadian orang ekstrovert pada rangkaian proses tertentu pada sistem syaraf," kata psikolog Charles Carver mengomentari penelitian ini.

DAILY MAIL | AMIRULLAH

Berita Lain:
Bebas, Jupe Bayangkan Jadi Pilot 
Suami Ully Artha Wakilkan Keluarga 
Jenny Rachman Berikan Sajadah untuk Ully

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/17/060488867/Ini-Penyebab-Orang-Ekstrovert-Suka-Berpesta