Jumat, 14 Juni 2013

Ini Mitos Sering Mengkhawatirkan

INILAH.COM, Jakarta- Memelihara ikan dalam akuarium adalah hobi yang sangat umum dan cenderung lebih dipilih karena lebih praktis.

Namun beberapa mitos yang muncul terkadang membuat orang takut atau malas menyalurkan hobi karena khawatir ikan tidak akan bertahan hidup lama.

Apa saja mitos itu, sebaiknya Anda ketahui khususnya jika Anda sangat menyukai jenis hewan ini. Seperti dikutip dari timeofindia.

Memelihara ikan dalam akuarium bisa sangat mahal

Ini tidak benar. Bahkan semakin besar akuarium akan membuat ikan bertahan hidup lebih lama dan biaya yang dibutuhkan malah sedikit. Ikan air tawar kuat dan dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Biaya diperlukan adalah untuk makanan, filtrasi dan pencahayaan yang cukup.

Air harus setiap hari diganti

Ini salah, karena justru akan membunuh ikan. Aturan yang praktis adalah tidak mengganti seluruh air akuarium, ganti hanya 10-20% air setiap minggu. Bakteri dalam air justru akan membantu ikan bertahan hidup.

Jenis lele akan menjaga akuarium tetap bersih

Ini salah, lele bukan pemakan kotoran ikan. Apalagi ini bukan cara yang sehat untuk membiarkan ikan memakan kotoran. Jika memang kotoran sudah sangat banyak, cara yang paling benar adalah menguras dan membersihkannya.

Bagi pemula akuarium ukuran kecil adalah lebih baik

Ini salah, justru akuarium ukuran kecil akan sangat sulit mempertahankan ikan. Sementara ukuran yang lebih besar akan memudahkan untuk merawat dan ikan akan lebih banyak ruang untuk bergerak.

Sementara memelihara pada akuarium jenis mangkuk bukan ide yang bagus.

Mengisi akuarium dengan air banyak berbahaya

Ini benar, karena ikan membutuhkan oksigen yang cukup untuk bernapas, atau mereka akan mati lemas dalam akuarium, jika akuarium diisi penuh, ini akan mengurangi ruang kosong untuk menciptakan oksigen.

Menghancurkan lingkungan alam

Perlu diketahui, ikan yang dijual pada toko toko ikan hias yang dibesarkan di penangkaran tidak dapat bertahan lama hidup di lingkungan yang alami, sehingga menempatkannya di danau, sungai dapat merusak ekosistem .

Mereka tidak akan vbertahan hidup karena mereka tidak dibiasakan untuk mencari makanan sendiri dan harus selalu bersembunyi dari predator.

Memiliki akuarium yang sehat adalah mudah

Yang paling penting adalah mengganti air sekali atau dua kali dalam sebulan. Ikan akan lebih bahagia dan tetap sehat seperti itu. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1999518/ini-mitos-sering-mengkhawatirkan