Rabu, 19 Juni 2013

Ini Kiat Menghadapi Kritikan Menyakitkan

TEMPO.CO , Jakarta: Bos tidak puas dengan pekerjaan Anda? atau blog Anda mendapat komentar buruk? bahkan pasangan Anda melontarkan komentar yang menurut Anda sangat menyakitkan? Kritik memang sulit diterima. Namun Anda harus belajar, bahwa tidak ada pengalaman yang tidak belajar dari kesalahan. Berhadapan dengan kritik menjadi salah satu jalan yang membawa kebaikan pada proses pendewasaan.

"Anda akan menemukan cara yang penting untuk melepaskan segala beban, alasan sederhana yang kadang terlihat berat, jadi biarkan kritik itu membawa Anda menjadi dewasa, jangan bawa langkah Anda seringan mungkin," ujar C. Joybell, Penulis Psikolog dari Saint Paul Trois Chateux, Rabu 13 Juni 2013 dalam blog kesehatan, blogs.discovery.com

Sebuah kritik, sebenarnya adalah bibit dari kebenaran. Apa yang dapat Anda temui dari sebuah kritik adalah sebuah keyakinan untuk menjadi benar, tanpa perlu mengabaikan ego Anda sendiri. Di sisi lain, Anda dapat belajar dari kesalahan Anda sendiri, tanpa membiarkan seseorang meruntuhkan Anda. "Jangan hanya mendengarkan kritikan dari seseorang, tapi juga coba mengerti secara sadar apa arti kritikan yang mereka maksud," ujar Joybell.

Sikap yang baik dalam menghadapi kritikan adalah tidak melawan balik demi mengedepankan ego Anda. Setelah itu, jangan bereaksi apa-apa sampai keadaan menjadi terkendali. Harus ada waktu tenang sebelum bereaksi. Kemudian, jadilan orang yang tenang, penuh perhatian, dan kuat setelah dapat menerima kritikan tersebut. Jangan habiskan waktu Anda untuk terus memikirkan kritikan yang sudah disampaikan. "Pikirkan apa yang dapat Anda pelajari dari kritikan tersebut," kata Joybell.

Sikap terakhir yang biasanya paling sulit dilakukan menurut Joybell adalah memaafkan orang yang melakukan kritik yang bahkan sangat menyakitkan bagi Anda. Semakin Anda membawa orang itu ke dalam lingkaran pernusuhan, makan akan semakin banyak masalah yang menimpa Anda. "Karena itu Anda harus bergerak maju untuk hidup Anda," ujar Joybell

BLOG.DISCOVERY.COM | CHETA NILAWATY
Terhangat:
EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca Juga:
Mereka Tertolong dengan KJS ala Jokowi-Ahok
Eddies Adelia Kaget Ully Artha Telah Mualaf
Nazaruddin 'Paksa' Kurir Jadi Dirut 
Inilah Hasil Akhir Voting DPR Soal RAPBN P 2013
Radja Nainggolan: Saya Bukan Tentara Bayaran!

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/19/215489383/Ini-Kiat-Menghadapi-Kritikan-Menyakitkan