Senin, 10 Juni 2013

Hingga Usia 25 Tahun, Jerawat Saat Menstruasi Itu Normal

Hingga Usia 25 Tahun, Jerawat Saat Menstruasi Itu Normal

Liputan6.com, Jakarta : Memiliki jerawat saat menstruasi memang menjengkelkan. Namun ternyata hal ini normal. Karena hingga usia 25 tahun, hormon yang memicu jerawat masih berlangsung.

Seperti dikatakan dokter kecantikan di Skin Care and Body Treatment, dr. Theresia Tedjasukmana dari klinik Ariesta dalam pesan singkat kepada Liputan6.com, Minggu (9/6/2013) bahwa hal yang normal ketika menstruasi muncul jerawat. Karena saat menstruasi terjadi perubahan hormon.

"Ketika menstruasi, akan terjadi peningkatan hormon androgen yang memicu lebih aktifnya kelenjar sebum/minyak. Nah, jerawat akan muncul akibat akumulasi sebum yang bercampur dengan debu atau kotoran kemudian terinfeksi oleh bakteri P-acnes,"jelasnya.

Theresia menilai hal ini normal dialami wanita yang berusia remaja hingga 25 tahun. Karena pada usia tersebut, imbalance hormonal masih berlangsung, jadi tidak mungkin hormonnya dihentikan.

"Saya pribadi akan menyarankan seseorang untuk minum suplemen turunan dari vitamin A yaitu isotret menjelang dan selama periode mensrusi untuk mencegah timbulnya jerawat. Dan juga saya akan menyarankan makanan yang baik,"katanya.

Ia menambahkan untuk makanan yang tidak dianjurkan bagi seseorang yang memiliki jerawat adalah makanan yang mengandung lemak jenuh seperti junk food, seafood khususnya cumi, makanan yang manis seperti permen, cokelat, soft drink atau minuman berpengawet. "Setidaknya kurangi makanan atau minuman ini". (Fit/Igw)

Source : http://health.liputan6.com/read/608166/hingga-usia-25-tahun-jerawat-saat-menstruasi-itu-normal