Selasa, 18 Juni 2013

Hilangkan Letih dalam 20 Menit

BEKERJA seharian penuh di kantor tentu seringkali mengalami lelah atau bahkan jenuh. Jangan khawatir, ternyata dengan melakukan yoga selama dalam 20 menit gejala letih itu pun hilang.  
Adapun hal ini hasil penelitian terbaru Neha gothe, Ph.D dalam Journal of Physical Activity and Health. Ia menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan yoga selama 20 menit dapat merangsang fungsi otak lebih dari Anda melakukan jogging dengan treadmil dalam waktu yang sama, demikian seperti dilansir Menhealt.
 
Penelitian berangkat dari obeservasi mendalam 30 responden yang mengambil kelas yoga selama 20 menit. Kemudian responden lain menggambil kelas olahraga treadmil dalam waktu yang sama, dan setelah itu mereka diberikan tes untuk mengukur memori dan fokus.
 
Kemudian ditemukan, responden yang menghabiskan 20 menit meditasi dan melatih pernapasan ala yoga secara signifikan lebih cepat dan lebih akurat dalam menjawab tes tersebut. Sementara itu, responden yang berkeringat karena treadmil tak melakukan lebih baik dibanding responden yang melakukan yoga.
 
"Mengapa yoga bisa lebih baik meningkatkan fokus dan menghilangkan kejenuhan. Hal ini karena manfaat dari melakukan treadmil untuk peningkatan fungsi otak membutuhkan waktu yang lama, dibanding manfaat yoga yang langsung membantu meningkatkan kognisi ( pemahaman) seseorang, " kata Neha seorang penulis penelitian tersebut.
 
Kendati demikian jangan berpikir bahwa latihan kardio tak memberi manfaat yang besar untuk tubuh. Hasil penelitian dalam Physiology & Behavior menjelaskan bahwa seorang yang rutin mengayuh sepeda dapat meningkatkan kadar protein otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yang berefek membantu meningkatkan kesehatan sel-sel saraf dan mendorong kinerja memori.
 
Apa yang harus Anda ketahui pada hasil penelitian ini ialah, tak ada salahnya kini membuka gulungan tikar dan sekedar mengatur nafas dan menenangkan pikiran selama 20 menit disela aktivitas Anda. Sebab tak hanya badan menjadi sehat, yoga dapat membantu meningkatkan produktivitas Anda.
(uky)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/17/486/823384/hilangkan-letih-dalam-20-menit