Rabu, 12 Juni 2013

Gadis India Makan 1,5 Meter Rambut yang Membentuk Bola di Perut

Gadis India Makan 1,5 Meter Rambut yang Membentuk Bola di Perut

steudleinsparty

Liputan6.com, New Delhi : Bola rambut terjebak selama empat tahun di perut Sukanya (bukan nama asli), gadis berusia 14 tahun. Namun, dokter telah berhasil mengangkatnya melalui operasi di New Delhi, India.

Selama empat tahun itu pula, Sukanya mengeluh perutnya terasa sakit. Namun dokter kebingungan karena tidak menemukan penyebabnya. Dan orangtuanya akhirnya membawanya ke Asian Institute of Medical Sciences (AIMS) dan petugas di sana menemukan perut gadis itu menjadi sangat kaku.

Dr NK Pandey dari Asian Institute of Medical Sciences di Faridabad, tempat Sukanya dioperasi, mengatakan, pasien mengalami sindrom Rapuzel, kondisi yang membuat pasiennya mencabut dan menelan rambutnya sehingga terbentuklah bola rambut raksasa di dalam usus.

Kondisi ini terbilang langka, hanya ada 30 kasus di seluruh dunia hingga 2010. "Ini bisa menyebabkan rasa sakit dan komplikasi lainnya," kata Pandey seperti dikutip deccanherald, Selasa (11/6/2013).

Menurut Pandey, pada kenyataannya, Trichobezoar (bola rambut di perut) lebih rentan ditemukan pada anak-anak. Karena kasus ini langka dan informasinya kurang, sehingga diagnosa kasus sulit dilakukan.

Menurut ibu Sukanya, anaknya itu sejak usia tiga tahun bermain-main dengan rambutnya. Tapi, kedua orangtuanya tak pernah menduga kalau Sukanya akan menelannya.

Seorang Konsultan Senior, Parabal Roy, mengatakan, dari hasil CT scan menunjukkan ada banyak rambut di perut Sukanya. Menurut Roy, Trichobezoar berpotensi mengancam jika tidak dibuang pada waktunya.

"Dia makan begitu banyak rambut hingga 1,5 meter yang menempati seluruh perutnya dan menyebar ke usus sehingga menyebabkan obstruksi internal. Rambut ditemukan melukai dinding ususnya yang bisa menyebabkan perforasi dan mengancam hidupnya".

Usai melakukan operasi, Sukanya kini sedang menjalani konseling psikologis.

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/609773/gadis-india-makan-15-meter-rambut-yang-membentuk-bola-di-perut