Jumat, 28 Juni 2013

Foto-foto Alat Bedah Robotik di RS Bunda Jakarta, Intip Yuk!

Foto-foto Alat Bedah Robotik di RS Bunda Jakarta, Intip Yuk!

(Liputan6.com/Fitri Syarifah)

Liputan6.com, Jakarta : Memang pada umumnya semua ruang operasi sama. Tapi ada yang menarik di ruang operasi untuk bedah robotik. Semua peralatannya bisa dibilang canggih.

Dokter kandungan sekaligus koordinator robotik dari tim ARMIS (Advanced Robotic and Minimally Invasive Surgery) dr. Sita Ayu Sp.OG membantu menjelaskan pada Liputan6.com mengenai apa saja yang terdapat di ruang bedah robotik di RS Bunda,Jakarta.

"Sebelumnya, karena ini bedah robotik, keseluruhan prosedur kita hanya perlu satu dokter, satu asisten, dan satu operating nurse," jelas Sita saat memperlihatkan ruang bedah robotik di RS Bunda, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Di dalam ruang bedah robotik ini terdapat tiga mesin robot utama, yaitu:

1. Surgeon Console


Seorang dokter sedang melakukan simulasi menggunakan surgeon console

Alat ini berfungsi sebagai satu-satunya alat yang digunakan dokter dalam melakukan pembedahan. Dengan alat ini, dokter bisa melakukan prosedur operasi bedah robotik dari mana saja.

Dilengkapi dengan Fiber optic, 3D High Definition, siapapun dokternya, bagaimanapun kondisi mata, bedah robotik ini memudahkan kerja. Karena alat ini diklaim bisa membuat pandangan 40 persen lebih jelas dan lebih dekat.


Sedang dijelaskan cara menggunakan surgeon console


Simulasi pembedahan dengan menggerakkan tangan. Visualisasinya bisa dilihat di monitor

2. Patient Cart


Robot canggih yang bekerja membedah perut pasien.

Pada Patient Cart, terdapat empat komponen yaitu robotic arm joints (yang berfungsi sebagai lengan), Endo-Wrist technology (diistilahkan sebagi jari-jari yang berperan dalam pembedahan robotik. hebatnya, jika lengan memiliki keterbatasan berputar, maka jari robot bisa berputar 520 derajat), camera arm dan surgical instrument (berfunsi memberikan fleksibilitas lengan robot).


Ada tiga titik yang jadi fokus pembedahan. Pada bagian tengah (pusar) nantinya akan dimasukkan kamera.

Foto 3. Vision cart


Sebuah layar untuk melihat kondisi pasien. Di dalamnya terdapat kabel iluminator.


(Fit/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/624841/foto-foto-alat-bedah-robotik-di-rs-bunda-jakarta-intip-yuk