Rabu, 12 Juni 2013

Fobia Bisa Disebabkan Faktor Keturunan

TEMPO.CO, Jakarta - Fobia atau perasaan takut yang disebabkan oleh hal yang tidak rasional merupakan bentuk kelainan yang hampir setiap orang memiliki. Salah satu faktor resiko yang dapat menimbulkan fobia adalah faktor keturunan atau koneksi keluarga.

Menurut situs kesehatan Webmd, meskipun fobia lebih sering dipengaruhi oleh budaya dan dipicu oleh hal-hal yang terjadi dalam hidup, namun faktor terbesar timbulnya fobia dalam diri seseorang adalah sejarah keluarga. Seseorang yang memiliki sejarah keluarga dengan fobia tiga kali lebih mungkin terkena fobia dibandingkan seseorang yang anggota keluarganya tidak memiliki fobia.

Lalu bagaimana cara mengobati fobia? masih menurut situs Webmd, cara terbaik yang dapat digunakan untuk mengobati seseorang yang menderita fobia adalah dengan menciptakan ulang keadaan yang menyerupai apa yang ditakutkan seseorang dalam fobianya. Seiring waktu, fobia ini dapat dikurangi karena rasa percaya diri dapat terbangun dengan baik.

Tidak hanya menciptakan keadaan ulang yang serupa, menghilangkan fobia pada diri seseorang dapat dilakukan melalui terapi komunikasi. Dengan begitu, seseorang yang menderita fobia dapat bertukar pikiran dan menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya. Kedua terapi ini dapat menyembuhkan seseorang dari fobia hingga 90 persen.

WEBMD | CHETA NILAWATI


Berita Lainnya:

Hidayat Nur Wahid: PKS Memang Main di Dua Kaki  
Laris Manis Lelang Barang Gratifikasi di KPK  
Dolar Tembus Rp 10.000, BI Guyur US$ 100 Juta/Hari
Jokowi Ganti Dua Direktur RSUD  
Apa Saja Kelebihan iOS 7?

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/12/215487736/Fobia-Bisa-Disebabkan-Faktor-Keturunan