Minggu, 30 Juni 2013

Dua Pasien Cerita Enaknya Dioperasi dengan Robot

Dua Pasien Cerita Enaknya Dioperasi dengan Robot

(Liputan6.com/Fitri Syarifah)

Liputan6.com, Jakarta : Bedah robotik yang ada di RS bunda Indonesia, ternyata membuat pengalaman mengesankan bagi pasiennya. Dua wanita ini misalnya, bercerita tentang bagaimanana bedah robotik memberikan pemulihan yang cepat.

Lulia Bumiardina (34), mengidap hidrosalping (suatu jenis kelainan pada tuba yang menyebabkan infertilitas) mengaku awalnya sangat takut untuk dioperasi. Kemudian dokter menjelaskan mengenai bedah robotik. Saat itu ia tertarik.

"Saya wanita karir yang harus bekerja. Saya butuh recovery yang cepat,"ungkapnya pada acara 'Pencapaian 50 Kasus Bedah Robotik di RSU Bunda', ditulis Jumat (28/6/2013).

Setelah melakukan prosedur pembedahan, Lulia bahkan hanya sedikit merasakan nyeri. Dan yang membuatnya senang, proses pemulihan sangat cepat.

"Kamis saya operasi, Jumat saya stay untuk melakukan persiapan di rumah sakit, Sabtu saya bisa pulang, Minggu istirahat di rumah, dan Senin saya sudah bekerja kembali,"ungkapnya.

Berbeda dengan penuturan Lulia, Cut Yunita (47) justru sangat tertarik mencoba bedah robotik. Ia adalah penderita tumor. Tumornya terletak di belakang rahim.

"Walaupun dokter malah heran karena saya ingin mencoba bedah robotik, tapi saya percaya kalau cara ini paling tepat," jelas Cut.

Cut menerangkan, dirinya butuh waktu pemulihan selama lima hari. Hampir sama dengan Lulia, ia butuh tiga hari di rumah sakit dan setelah itu boleh pulang karena sudah pulih.

(Fit/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/624856/dua-pasien-cerita-enaknya-dioperasi-dengan-robot