Jumat, 14 Juni 2013

Donor Darah Tak Bikin Gemuk, Justru Bisa Bakar 600 Kalori

Donor Darah Tak Bikin Gemuk, Justru Bisa Bakar 600 Kalori

Liputan6.com, Jakarta : Banyak orang yang mengira donor darah bisa menyebabkan kegemukan. Padahal, dengan berdonor darah bisa membakar cukup banyak kalori.

Menurut Konsultan Gastroenterologi dan Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), DR. Dr. Ari Fahrial Syam. SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP donor darah tidak membuat gemuk seseorang.

"Seseorang yang gemuk itu karena pola makan bukan karena donor darah," kata Dr. Ari saat diwawancarai Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (14/6/2013).

Saat pengambilan darah terjadi proses pembakaran kalori pada tubuh, sehingga tidak memungkinkan seseorang yang mendonorkan darahnya menjadi gemuk. Dalam satu kali pengambilan darah, sebanyak 600 kalori dibakar.

"Pengambilan darah sebanyak 450 cc akan menyebabkan berkurangnya berat badan karena proses pembakaran sebanyak 600 kalori," ucapnya.

Pola makan yang tidak sehat yang membuat berat badan meningkat. "Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat membuat seseorang bisa gemuk," ujarnya.

(Mia/Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/611742/donor-darah-tak-bikin-gemuk-justru-bisa-bakar-600-kalori