Senin, 10 Juni 2013

Digigit Nyamuk, Gadis Ini Lumpuh Saat Berlibur

TEMPO.CO, Queensland – Seorang wanita mengalami kelumpuhan dari leher hingga kaki karena gigitan seekor nyamuk. Natasha Porter, 23 tahun, seorang warga Inggris, sedang berlibur sekaligus bekerja di sebuah kafe di Cairns, Queensland, Australia hingga akhirnya perlahan lumpuh karena gigitan seekor nyamuk.

"Dia terkena sindrom Guillain-Barre yakni penyakit yang menyebabkan tubuh menyerang sistem sarafnya sendiri –saraf perifer," tulis Daily Mail, Selasa, 4 Juni 2013. Porter pertama kali mengalami mati rasa di salah satu kaki, tapi dalam empat hari dia hampir tidak bisa berjalan.

Dokter mengatakan kelumpuhan yang bergerak cepat ini bisa membekukan diafragmanya dalam hitungan jam dan berisiko kematian. Bulan Maret 2012 lalu, Porter mengunjungi Australia sekaligus ingin menghabiskan 7 bulan untuk bekerja dan wisata namun, baru 2 minggu setelah kedatangannya, ia mulai merasakan mati rasa di kakinya dan berpindah ke tangan dalam 2 hari berikutnya.

Porter mengunjungi seorang apoteker  dan disarankan untuk meminum obat anti-alergi, sebab apoteker menduga ini adalah reaksi alergi. Namun, ia malah merasakan tubuhnya semakin berat. Dan dokter mendiagnosisnya mengalami stres dan kecemasan. Kondisinya semakin memburuk. Hingga akhirnya dokter menyimpulkan ia terkena sindrom Guillain-Barre.

Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi sekitar 60 persen dari sindrom ini berkembang saat bakteri atau virus memasuki tubuh dan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menyerang saraf. Hal ini menyebabkan saraf menjadi meradang dan berhenti bekerja. Dalam beberapa kasus, ini akan membuat tubuh mati rasa. Hal ini dapat berakibat fatal. Namun, sekitar 80 persen penderita akan pulih setelah beberapa minggu atau paling lama 1 tahun untuk pulih sepeenuhnya.

Berkat fisioterapi, Porter kini mampu kembali bergerak dengan bebas. Pada bulan November 2012, ia telah kembali ke Inggris. Ia berencana meneruskan misi keliling dunianya. "Saya tidak ingin menyia-nyiakan lebih banyak waktu dan saya berharap dapat menjadi orang yang lebih baik setelah mengelami kejadian ini," ucap Porter penuh semangat.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA


Topik Terhangat:
Taufiq Kiemas |Cinta Soeharto Bangkit?| Pemukulan Pramugari Sriwijaya| Penembakan Tito Kei

Baca Juga:

Taufiq Kiemas dan Kacamata Budiman Sudjatmiko
Jokowi 'Diam' Melayat ke Rumah Duka Taufiq Kiemas  
Pemukul Pramugari Tidak Dikenakan UU Penerbangan
Perjalanan Politik Taufiq Kiemas
Mega Tunjuk Sulungnya Beri Sambutan untuk Kiemas
Ini Dia Anak Alay yang Ada di Dahsyat  

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/10/060487015/Digigit-Nyamuk-Gadis-Ini-Lumpuh-Saat-Berlibur