Jumat, 14 Juni 2013

Diet Selalu Gagal ? Ini Penyebabnya...

INILAH.COM,Jakarta - Anda yang telah mencoba berbagai macam metode diet, namun belum juga berhasil, apa penyebabnya ?

Bisa jadi bukan metode nya yang salah, namun mindset Anda yang perlu diubah. Satu hal yang perlu diingat bahwa diet itu bukan hanya menurunkan berat badan, tetapi diet adalah upaya untuk mengurangi kalori dan lemak yang tidak berguna dalam tubuh.

Intinya adalah untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan seimbang tentunya. Diet sebenarnya bukan mengurangi makan, tetapi memilih makanan tertentu, yang dapat memberikan nutrisi bagi tubuh.

Dilansir Everyday health, berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan seseorang saat sedang melakukan program diet..

Emotional eating

Istilah emotional eating yang dimaksudkan di sini adalah kebiasaan melampiaskan perasaan kesal, bosan maupun stres dengan makan lebih banyak. Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, segera alihkan pikiran Anda atau melakukan hal lain saat perasaan emosional tersebut timbul.

Hal ini dapat mengalihkan perhatian Anda sehingga tidak melampiaskan perasaan emosional pada makanan. Jadi, kalau ada masalah sama pasangan, lebih baik curhat di Your Story ya, daripada menghabiskan satu batang coklat sendirian.

Kurang olahraga

Olahraga sangat mendukung keberhasilan diet Anda. Tidak perlu olahraga yang memerlukan latihan fisik yang berat, cukup berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Anda dapat membagi olahraga tersebut dalam 3 segmen yang masing-masing dilakukan selama 10 menit.

Berfikir diet adalah diet

Banyak orang hanya mampu melakukan diet selama 3 bulan, kemudian berhenti karena merasa tidak sanggup. Fokuslah pada tujuan untuk menghasilkan pola hidup sehat dengan diet Anda.

Mencoba diet karena tren

Banyak ahli gizi atau ilmuwan yang menciptakan pola-pola diet tertentu yang seringkali hasilnya hanya sementara. Diet Atkins misalnya, melarang pediet mengonsumsi karbohidrat dan hanya fokus pada makanan berprotein tinggi.

Jenis diet ini memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, tapi sampai berapa lama Anda harus makan tanpa karbohidrat? Apakah selamanya? Biar bagaimanapun, tubuh tetap memerlukan karbohidrat untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan aktivitas tubuh.

Ketika Anda kembali ke pola diet yang biasa, tubuh pun akan kembali ke bentuk semula. Lupakan diet musiman dan ikuti diet sehat yang memasukkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah proporsional.

Kurang tidur

Orang yang tidurnya berkualitas, dengan kata lain memiliki jam tidur yang cukup bisa menurunkan berat badan lebih efektif dibandingkan orang yang kurang tidur. Tidur kurang dari 7-8 jam sehari akan menyulitkan tubuh mengumpulkan energi untuk beraktivitas, juga mencerna makanan.

Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengalami lelah setiap hari, metabolisme tubuhnya akan menurun. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Metabolisme rendah, berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga lebih sedikit.

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1999558/diet-selalu-gagal-ini-penyebabnya