Selasa, 25 Juni 2013

Cara Temukan Karir Berdasarkan Kepribadian

TEMPO.CO, Jakarta -Menemukan karir yang tepat tidaklah mudah dan terkadang Anda menemukan kesalahan bahkan frustasi. Meski banyak orang mencari pekerjaan sesuai keahlian, ternyata kepribadian juga merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan. Berikut hal-hal penting dalam menentukan karir terkait kepribadian.

1. Pelajari kepribadian Anda sendiri sebelum menggunakannya sebagai standar pengukur karir yang akan Anda pilih. Sebab, banyak orang yang lupa dengan kepribadiannya. Jadilah penganalisis bagi diri sendiri dan cobalah untuk memahami profil psikologis. Hal ini akan membuat Anda mampu menentukan pilihan karir yang sesuai. Terlebih lagi, jangan meremehkan kontribusi keluarga dan teman. Tidak ada yang mengenal Anda sebaik mereka mengetahui Anda.

2. Seimbangkan kepribadian dengan keahlian.
Terkadang orang dengan tipe kepribadian tertentu berkutat dalam karir yang tidak cocok dengan kepribadiannya. Misalnya, orang yang sangat kreatif dan suka berbicara mungkin memiliki keahlian akuntansi, bukan akting atau seni. Dalam kasus ini, lebih baik untuk menyeimbangkan kepribadian dengan keahlian dan menemukan karir yang paling memenuhi kepribadian dan keahlian itu.

3. Konsultasikan panduan karir pada spesialis. Para spesialis akan membantu memeritahukan Anda langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendapatkan pekerjaan impian. Dan yang paling penting, mereka akan menjelaskan dampak dari kesalahan membuat keputusan. Ini akan jadi saat yang tepat untuk melakukan tes penilaian diri sendiri untuk mengarahkan Anda pada jalan yang tepat.

4. Pastikan Anda tidak mengorbankan minat Anda demi kepribadian. Terkadang, hobi bisa berubah menjadi karir yang menyenangkan, tanpa memperhatikan kepribadian atau keahlian. Faktanya, hobi bisa dideskripsikan sebagai kombinasi ideal dari sesuatu yang Anda suka lakukan dengan keahlian Anda. Misalnya, keahlian fotografi.

EHOW | APRILIANI GITA FITRIA

Berita terpopuler:
Wakil Get In The Ring Indonesia Dicari
Perak Tambah Efektivitas Kerja Antibiotik
Penyebab Bau Hujan Menyenangkan
Sepuluh Orang Utan Dilepaskan di Hutan Kalimantan


Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/24/215490857/Cara-Temukan-Karir-Berdasarkan-Kepribadian