Minggu, 23 Juni 2013

Bolehkah Makan Telur Tiap Hari?

Bolehkah Makan Telur Tiap Hari?

Liputan6.com, Jakarta : Anda mungkin sudah mengetahui bahwa telur bisa memicu kolesterol. Dan kolesterol bisa memicu penyakit. Tapi bagaimana dengan telur yang tinggi akan protein dan enak untuk dikonsumsi. Jadi telur boleh dikonsumsi berapa banyak per hari?

Sebelumnya para ahli diet di seluruh dunia menyarankan untuk tidak mengonsumsi telur lebih dari dua per hari bagi penderita jantung. Tapi sekarang Ahli gizi dari klinik Cleveland Julia Zumpano, RD mengungkapkan pentingnya konsumsi telur ayam sebagai protein pengganti daging.

"Seseorang boleh mengonsumsi hingga empat telur seminggu. Dan bagi Anda yang tidak memiliki kolesterol tinggi, diabetes, atau kelainan jantung, Anda boleh makan sampai enam telur per minggu," kata Julia yang dilansir Everydayhealth, Minggu (23/6/2013).

Julia menjelaskan bahwa satu telur rata-rata memiliki sekitar 186 mg kolesterol. Itu hampir mencukupi total maksimum harian bagi seseorang dengan penyakit jantung. Jadi makan satu atau dua telur per hari tidak akan berisiko kolesterol tinggi.

"Tapi cobalah untuk mengurangi sumber kolesterol seperti daging merah, keju, dan mentega. Biasakan memasak tanpa minyak, atau Anda bisa merebus telurnya. Ingatlah, kolesterol itu ada di kuning telur. Jadi Anda bebas makan putih telur sebanyak yang Anda inginkan,"tambahnya.

(Fit/Igw)

Source : http://health.liputan6.com/read/619688/bolehkah-makan-telur-tiap-hari