Minggu, 02 Juni 2013

Bius Total Pada Manula Tingkatkan Risiko Pikun

TEMPO.CO, Barcelona--Bius total rupanya bisa meningkatkan risiko pikun. Studi menunjukkan bahwa risiko itu terutama muncul jika bius dilakukan terhadap pasien yang usianya sudah melewati 65 tahun. Efek samping itu bisa muncul hingga delapan tahun setelah bius dilakukan.

Penelitian oleh French Institute of Health and Medical Research and the University of Bordeaux menunjukkan bius total bisa meningkatkan risiko pasien terkena Alzheimer hingga 35 persen. Hasil studi itu dipublikasikan dalam acara tahunan Euroanaesthesia di Bacelona, Spanyol, pada Jumat, 31 Mei 2013, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Penelitian dilakukan terhadap 7.008 pasien yang mendapat bius total pada usia di atas 65 tahun di tiga kota di Prancis. Peneliti melakukan tes fisik dan kognitif terhadap pasien secara berjangka. Kondisi mereka dipantau pada tahun kedua, keempat, ketujuh, dan kesepuluh setelah mereka menjalani operasi.

Hasilnya, sebanyak 632 orang atau sekitar 9 persennya mengalami pikun dalam kurun waktu delapan tahun setelah operasi. Sebagian besar didiagnosa menderita Alzheimer.

Menurut studi itu, kepikunan disebabkan adanya protein yang menempel pada sel-sel otak saat pasien mendapatkan bius. Hal itulah menyebabkan perubahan memori, mood, serta perilaku pasien setelah sadar. Selain itu, ada pula penelitian lain yang menyebut obat bius bisa menyebabkan inflamasi sel-sel otak, dan pada akhirnya menyebabkan pikun.

Sayangnya, bius total masih harus diberikan pada pasien lanjut usia yang menjalani operasi besar. Namun penelitian itu juga menyebut pikun pada manula bisa dipengaruhi berbagai faktor, tak hanya bius. "Pikun bisa disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan, jadi penelitian tentang penyebab pikun masih sangat panjang," ujar Eric Karran, peneliti alzheimer dari Inggris, seperti dikutip oleh Daily Mail, Jumat.

DAILY MAIL | ANGGRITA DESYANI

Topik terhangat:
Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha |Fathanah

Baca juga
EDSUS GENG MOTOR

Mito A355, Ponsel Android Dual SIM
Google Suguhkan Tampilan Baru Gmail
Game Star Wars Dapat Diunduh via iPad

http://www.tempo.co/read/news/2013/06/02/061485066/Bius-Total-Pada-Manula-Tingkatkan-Risiko-Pikun