Senin, 10 Juni 2013

Bisa Memprediksi Kelainan Janin dari Tes Darah

TEMPO.CO, Miami - Tes darah dengan metode baru untuk melihat potensi down sindrom selama kehamilan dapat mengurangi jumlah perempuan yang memiliki kelainan janin. Metode tes yang digunakan adalah mencari jejak DNA janin dalam darah ibu. Para peneliti mengklaim ini sangat akurat dan memiliki tingkat kepalsuan lebih rendah dibanding metode tes sebelumnya.

Studi baru tersebut melibatkan sekitar seribu wanita Inggris. Mereka menjalani tes DNA sel bebas pada 10 minggu kehamilan. Mereka juga menjalani USG dan analisis hormon pada umur kehamilan 12 minggu yang merupakan metode standar untuk mendeteksi kelainan janin.

Para peneliti membandingkan tes baru tersebut dengan metode standar dengan melihat seberapa baik masing-masing metode mendeteksi kasus aneuploidi pada janin. Kondisi aneuploidi, termasuk juga down sindrom adalah kelainan jumlah kromosom pada sel tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes dengan metode baru yaitu tes DNA bebas sel maupun metode standar dapat mendeteksi semua kasus down sindrom, sindrom Edwards (trisomi 18) dan sindrom Patau (trisomi 13). Namun tes DNA sel bebas ini memiliki tingkat kepalsuan yang lebih rendah dibandingkan dengan metode skrining standar.

Meskipun tes DNA sel bebas sangat akurat, tes tersebut tidak dapat menggantikan metode standar saat ini untuk mendeteksi aneuploidi. "Ini harus digunakan bersama-sama dengan metode standar atau tes skrining," kata Dr Mislen Bauer, direktur genetika dan metabolisme di Rumah Sakit Anak Miami.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Topik terhangat:
Taufiq Kiemas | Cinta Soeharto Bangkit? | Pemukulan Pramugari | Penembakan Tito Kei

Berita lainnya:
Edsus Alay
Simon Cowell Dilempar Telur dari Atas Panggung
Celana Pendek Dilarang, Sopir Swedia Pakai Rok
Murdaya Poo: Isu PRJ Pisah dari JIExpo Itu Basi

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/10/060486942/Bisa-Memprediksi-Kelainan-Janin-dari-Tes-Darah