Rabu, 12 Juni 2013

Bingung Kenapa Ubanan? Cari Tahu Sebabnya!

Bingung Kenapa Ubanan? Cari Tahu Sebabnya!

Liputan6.com, Orang selalu bilang uban tumbuh di rambut karena banyak pikiran. Dan para ilmuwan telah membuktikan apa yang selama ini diduga. Streslah yang membuat rambut berubah menjadi warna abu-abu.

Hormon stres dikenal bisa memengaruhi warna kulit dan tampaknya proses itu juga terjadi pada warna rambut. Ketika kerusakan terjadi, sel induk yang bertanggung jawab memproduksi melanin, pigmen gelap yang melindungi tubuh dari sinar matahari, pindah dari pangkal rambut ke kulit, untuk membantu membatasi kerusakan.

Dalam penelitian terhadap tikus ditemukan, uban bisa terjadi dari penurunan sel batang.

Rambut dan warna kulit dikendalikan sel induk melanosit yang ditemukan di dasar folikel rambut, sebuah daerah yang dikenal dengan tonjolan. Dr Mayumi Ito dan rekan-rekannya di New York University, Amerika Serikat menemukan, stres tak hanya menyebabkan sel induk menghilang, tapi ketika terjadi maka tak akan diganti.

"Kami pikir ini akan menarik untuk berspekulasi bahwa stres yang berlebihan dapat mempromosikan migrasi yang terlalu banyak."

"Jika kita bisa tahu lebih banyak tentang bagaimana melanosit bermigrasi, kita mungkin dapat meningkatkan pengobatan gangguan pigmentasi kulit lainnya". '

Sedangkan, Profesor Rick Sturm dari University of Queensland, Australia, menjelaskan, kehilangan sel induk di daerah tonjolan, membuat folikel rambut di daerah itu menjadi putih. Rambut abu-abu yang disebabkan penuaan merupakan hasil dari kelelahan dan hilangnya sel induk melanosit dan stres bisa menyebabkan hasil yang sama.

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/610630/bingung-kenapa-ubanan-cari-tahu-sebabnya