Sabtu, 15 Juni 2013

Berlibur dengan Alam Cepat Kembalikan Suasana Hati

INILAH.COM, Jakarta - Mulai jenuh dengan destinasi dan kegiatan liburan yang itu-itu saja?

Ada beragam alternatif pilihan aktivitas liburan dan aktivitas yang sangat bersahabat dengan alam. Selain buat Anda tetap mencintai lingkungan, suasana hati yang 'berantakan' dijamin bisa cepat normal kembali.

Dilansir Cosmopolitan, berikut beberapa alternatif aktivitas berlibur yang dekat dengan alam.

'Sayangi' pantai

Kasus abrasi atau pengikisan bibir pantai semakin meniningkat setiap tahunnya. Penyebabnya antara lain penggerusan pasir oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan perubahan hutan tepi pantai menjadi tambak.

Hal ini bisa Anda perbaiki dengan melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon mangrove di pesisir pantai, seperti di pantai Lhok Mee, Aceh barat.

Manfaat yang dihasilkan pun sangat banyak mulai dari menjaga kestabilan garis pantai, melindungi dari erosi, sampai berperan sebagai penyaring air asin menjadi air tawar yang bermanfaat bagi warga sekitarnya.

Nah, pantai terjaga, Anda pun bisa santai berjemur.

Pohon masa depan

Berbagai aktivitas dan kebutuhan kita dalam sehari-hari kebanyakan menggunakan pohon sebagai bahan dasar utamanya. Gunakan waktu liburan ini untuk menumbuhkan kembali paru-paru dunia dengan meenanam bibit pohon sebagai bentuk kepeedulian Anda.

Menanam pohon jati di Cepu, Jawa Tengah, bisa dijadikan pilihan mengingat jenis pohonnya yang kuat cocok untuk daerah tropis dan sebagai harta oksigen bumi untuk masa depan.

Kembalikan pada asalnya

Saat ini dunia memiliki tujuh jenis penyu dan enam di antaranya berada di Indoneesia. Keberadaannya pun semakin terancam mengingat adanya perdagangan serta telur penyu ilegal

Melihat hal ini, banyak kegiattan konservasi dan penangkaran untuk tetap menjaga keberadaan penyu laut , salah satunya yang berada di Pulau Derawan, KalimantanTimur.

Di sini Anda tidak hanya dimanjakan oleh peemandangan pantai yang indah, namun juga bisa ikut melihat pusat konservasi.

Jika beruntung, Anda juga bisa melihat pelepasan tunnik atau bayi penyu ke laut yang membuat Anda berdecak kagum.

Warna bawah laut

Obyek wisata bahari tidak lepas dari peran terumbu karang yang mewarnai taman bawah laut sekaliguss rumah bagi para ekosistensinya. Namun keberadaan mereka terancam oleh penggunaan racundan dinamit, eksploitasi teumbu karang, dan pembangunan limbah ke laut.

Bantu dengan penanaman kembali dan diikuti pemeliharaan terumbu karang di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara sehingga generasi mendatang dapat menikmati warna-warni bawah laut. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1999992/berlibur-dengan-alam-cepat-kembalikan-suasana-hati