Sabtu, 15 Juni 2013

Belum Ada Obatnya, Pencegahan Masih Cara Terefektif Hadapi DBD

Belum Ada Obatnya, Pencegahan Masih Cara Terefektif Hadapi DBD

Liputan6.com, Upaya efektif sangat diperlukan dalam pengendalian dan pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD). Namun sayang belum ada pengobatan yang spesifik untuk penyakit ini.

"Hingga saat ini belum tersedia pengobatan spesifik untuk demam dengue, sehingga upaya pencegahan masih merupakan cara terbaik mengurangi beban penyakit ini," ujar Ketua Divisi Penyakit Infeksi dan Pediatri Tropis, Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, DR.dr.Hindra Irawan Satari, SpA(K), M.TropAed, Sabtu (15/6/2013).

Pencegahan dapat dilakukan melalui tatacara seperti 3M, fogging, pengelolaan air bersih dan program-program edukasi dan komunikasi untuk mencapai perubaan perilaku.

Kematian akibat demam dengue dapat dikurangi hingga hampir nol dengan mengimplementasikan manajemen klinis yang cepat dan tepat.

Diagnosa klinis dan laboratorium secara dini, pemberian cairan infus, pelatihan petugas kesehatan dan reorganisasi rumahsakit.

"Jumlah kematian dari Dengue dapat diturunkan melalui pendekatan sistem deteksi dini dan tatalaksana yang tepat untuk kasus-kasus berat, termasuk pengelolaan air bersih dan program edukasi dan komunikasi untuk mencapai perubahan perilaku," papar DR.dr.Hindra.

(Mia/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/613597/belum-ada-obatnya-pencegahan-masih-cara-terefektif-hadapi-dbd