Kamis, 20 Juni 2013

Belajar Berhijab di Depan Eiffel

TEMPO.CO, Jakarta - Di taman taman Avenuè Gustave Eiffel,Jumat 10 Juni 2013 terlihat sedikit keriuhan. Sebanyak 30 muslimah di Paris dan mahasiswi Indonesia yang bersekolah di Prancis berkumpul di tengah suhu dingin 9 derajat celcius. Mereka mengenakan pakaian senada berwarna pastel.

Penggagas acara piknik hijaber tersebut adalah perancang baju muslimah, Dian Pelangi. Awalnya tak ada niat untuk kumpul-kumpul di depan simbol negara Prancis itu. Tapi ketika Dian mengunggah status di jejaring sosial bahwa dia berada di negeri kiblatnya fashion itu, banyak muslimah yang meminta ingin bertemu.

Perancang berusia 22 tahun ini juga ingin membuktikan bahwa melakukan kegiatan di tempat umum dengan simbol keagamaan yaitu hijab, aman. Maka dengan mengandeng sebuah merek komestik, dimulailah acara curhat yang berlanjut belajar jilbab plus berdandan, dan diakhiri lomba membuat jilbab dalam waktu 15 detik.

"Tidak seperti dugaan saya, sebenarnya di Paris cukup aman untuk para muslimah yang mengenakan hijab. Hanya saja kadang perlakukan tidak mengenakkan dan diskriminasi masih sering terjadi," kata dia. Satu peserta mengaku sulit mencari pekerjaan, meski memiliki gelar sarjana dari univeritas di Prancis. Alasannya karena hijab yang dikenakan. Bahkan untuk menjadi call operator yang tak kentara wajahnya pun perusahaan tidak mau terima.

Dian tak mau, para hijaber Prancis berlarut dalam masalah, maka ia pun menganjurkan untuk membentuk komunitas hijaber. Sebab, terbukti di Indonesia, komunitas hijaber bisa mengubah imaji dari luar bahwa berhijab itu bisa juga tetap bergaya dan bisa melakukan kerjaan apa saja. Dari dalam komunitas, bisa menjadi lem untuk saling dukung jika ada masalah. "Jadi InsyAllah para hijabers Paris sudah berencana untuk membentuk komunitas hijab," ujar dia.

DIANING SARI

Berita Lain:
Vanessa Hudgens dan Ashley Greene Berlibur di Bali
Feby Febiola Tekun Merintis Bisnis
Choky Sitohang Dukung Donor Darah

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/20/110489845/Belajar-Berhijab-di-Depan-Eiffel