Senin, 10 Juni 2013

Begini Sejarah Tumor pada Manusia

Begini Sejarah Tumor pada Manusia

Gambar sel kanker terlihat di sebuah layar raksasa yang tersambung ke sebuah mikroskop di Pameran Komputer CeBit di Hanover, Jerman, Selasa (6/3). REUTERS/Fabian Bimmer

TEMPO.CO, Kansas - Fosil manusia Neanderthal berumur 120 ribu tahun yang lalu ditemukan memiliki tumor tulang seperti umumnya saat ini. Fosil tulang rusuk ini ditemukan di sebuah gua dangkal di Krapina, Kroasia yang menunjukkan tanda-tanda tumor tulang.

Menurut para ilmuwan Amerika Serikat, penemuan ini merupakan bukti tertua tentang adanya tumor dalam catatan fosil manusia. Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal PLoS One ini memberikan petunjuk tentang sejarah kompleks kanker pada manusia.

Hingga saat ini, kanker tulang telah diidentifikasi pada mumi Mesir kuno berumur 1000 hingga 4000 tahun yang lalu. "Fosil ini adalah tumor tertua yang ditemukan dalam catatan fosil manusia," kata Dr David Frayer, antropolog dari University of Kansas.

Menurutnya, fenomena ini menunjukkan bahwa hidup di lingkungan yang relatif tidak tercemar, tidak selalu menjamin manusia untuk tidak terkena kanker. Bahkan ketika manusia berada pada jaman Neanderthal 120 ribu tahun yang lalu.

Fosil tersebut ditemukan dari sebuah situs arkeologi yang terdapat hampir 900 tulang manusia purba bersama dengan alat-alat kehidupan dari batu. Tumor tulang tersebut didiagnosis oleh ahli radiologi medis dengan sinar X dan CT scan. Temuan ini dapat membantu menjelaskan sejarah kanker pada manusia melalui kerabat kuno kita.

BBC | ISMI WAHID

Topik terhangat:
Taufiq Kiemas | Cinta Soeharto Bangkit? | Pemukulan Pramugari | Penembakan Tito Kei

Berita lainnya:
Edsus Alay
Simon Cowell Dilempar Telur dari Atas Panggung
Celana Pendek Dilarang, Sopir Swedia Pakai Rok
Murdaya Poo: Isu PRJ Pisah dari JIExpo Itu Basi

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/10/060486947/Begini-Sejarah-Tumor-pada-Manusia