Selasa, 11 Juni 2013

Beda Sunblock dan Sunscreen

Beda Sunblock dan Sunscreen

Paolo Maldini menyemprotkan cairan sunblock ke tubuhnya saat akan berjemur di Pantai Nusa Dua, Bali, Jumat (8/2). TEMPO/Johannes P. Christ

TEMPO.CO, - Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari, pilihan tepat untuk menutupi kulit adalah dengan menggunakan sunblock atau sunscreen. Dua lotion perlindungan kulit ini ternyata berbeda cara kerjanya dalam mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

Seperti dikutip situs Fem Guide, Sunblock mengandung bahan fisik atau anorganik yang bertindak sebagai dinding antara kulit dengan matahari. Bahan sunblock biasanya zinc oxide atau titanium dioxide. Kedua bahan ini tidak dapat diserap oleh kulit melainkan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit yang dapat memantulkan sinar matahari sebelum mengenai kulit. Pada umumnya sunblock sangat efektif dalam memantulkan sinar UV A dan UV B. Sinar UV A dapat menyebabkan penuaan pada kulit dan UV B menyebabkan kulit terbakar.

Sementara sunscreen berfungsi melindungi kulit dengan melakukan penyerapan sinar ultraviolet (UVA dan UVB) sebelum terpapar lebih lama oleh sinar matahari. Sunscreen berfungsi menyaring sinar ultraviolet dan mengurangi paparan radiasi yang dapat menyebabkan kulit mengalami proses penuaan lebih cepat.

Menggunakan sunscreen dan sunblock secara bersamaan tidak dapat memberikan perlindungan lebih terhadap sinar UV. Dan mengaplikasikan beberapa sunscreen sekaligus juga tidak akan meningkatkan penyerapan sinar UV. Penyerapan sinar UV hanya sampai tingkat maximum dari kemampuan produk tersebut.

FEMGUIDE.CO.UK | ANINDYA LEGIA PUTRI

Terhangat:
Priyo Budi Santoso | Rusuh KJRI Jeddah | Taufiq Kiemas

Baca juga:

Jangan Minum Air Es
Waspada Minum Saat Berolahraga
Begini Sejarah Tumor pada Manusia
Kisah Anak-anak Survivor Kanker

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/10/110487209/Beda-Sunblock-dan-Sunscreen