Sabtu, 22 Juni 2013

`BBM Naik Tinggi Susu Tak Terbeli`, Ibu Siasati dengan Cara Ini

`BBM Naik Tinggi Susu Tak Terbeli`, Ibu Siasati dengan Cara Ini

fashionspassion.com

Liputan6.com, Jakarta : Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) biasanya diikuti kenaikan harga susu buat anak. Orangtua yang sudah pusing dengan harga susu yang mahal ditambah dengan kenaikan harga bisa melakukan siasat ini.

Ahli Gizi Klinik FKUI-RSCM, Dr Samuel Oetoro, SpG.K., menjelaskan, orangtua tak perlu mengurangi kuantitasnya melainkan mengganti merek susu.

"Alternatifnya misalnya susu kaleng mahal beli susu yang lebih murah. Tapi bisa juga susu sapi diganti susu kedelai, tapi kualitasnya kalah baik dibanding sapi," kata Dr Samuel saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu (22/6/2013).

Menurut Dr Samuel, jika orang tua mengurangi jumlah susu yang diminum anak maka kebutuhan anak bisa terganggu.

Lantas bagaimana jika orangtua menggantinya dengan air tajin (air rebusan beras)? Dr Samuel menjelaskan, air tajin kurang mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak.

"Air tajin itu nutrisinya karbohidrat. Beras itu kan proteinnya rendah, maka dari itu beras bukan sumber protein," ujarnya.

Jangan seperti lagu Iwan Fals, 'BBM naik tinggi susu tak terbeli', karena menurut Dr Samuel pilih susu yang harganya terjangkau, karena tak boleh biarkan anak kekurangan gizi.

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/615242/bbm-naik-tinggi-susu-tak-terbeli-ibu-siasati-dengan-cara-ini