Senin, 24 Juni 2013

Awas, Saat Liburan Serangan Jantung Mengancam!

INILAH.COM, Jakarta - Alih-alih liburan bisa membuat tubuh rileks, serangan jantung justru sering menjadi ancaman mereka yang sering berpergian ke luar negeri untuk liburan.

Bagaimana bisa? Para ahli memperingatkan, padatnya orang, polusi udara, perubahan cuaca yang ekstrim, makanan yang tidak biasa, alkohol yang berlebihan dan latihan fisik turut berkontribusi.

Menurut analisa pada tahun 2003 yang diterbitkan di jurnal Psychosomatic Medicine, liburan dengan kegiatan yang tidak biasa dapat menimbulkan stres fisik dan mental. Ini memicu serangan jantung.

Penelitian berdasarkan pengamatan terhadap 92 orang Belanda yang mengalami serangan jantung saat berlibur. Serangan jantung umumnya terjadi pada dua hari pertama liburan.

Dr Erik Altman, direktur elektrofisiologi di Shore-Long Island Jewish Hospital Southside Utara di New York, mengatakan ada bukti bahwa serangan jantung sering mengancam ketika orang tengah berlibur.

"Aspek fisik dan emosional saat bepergian dan berlibur perlu menjadi perhatian. Sementara sedang berlibur, kita masih memiliki risiko penyakit jantung," katanya seperti dilansir dari dailyhealth.

Katanya, ini bisa menjadi penyebab seperti makan terlalu banyak, minum terlalu banyak dan lupa minum obat. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2003369/awas-saat-liburan-serangan-jantung-mengancam